Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendiri Kalbe Farma (KLBF) Boenjamin Setiawan Meninggal Dunia

Pendiri Kalbe Farma (KLBF) Boenjamin Setiawan meninggal dunia di usianya ke 90 tahun.
Pendiri Kalbe Farma (KLBF) Boenjamin Setiawan meninggal dunia di usianya ke 90 tahun. /Dok. Annual Report
Pendiri Kalbe Farma (KLBF) Boenjamin Setiawan meninggal dunia di usianya ke 90 tahun. /Dok. Annual Report

Bisnis.com, JAKARTA — Kabar duka datang dari PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF). Pendiri Kalbe Farma Boenjamin Setiawan meninggal dunia di usianya ke 90 tahun. Manajemen Kalbe Farma memberi konfirmasi atas berita ini.

“Iya betul [sudah berpulang],” kata Direktur Kalbe Farma Bernadus Karmin Winata ketika dihubungi, Selasa (4/4/2023).

Dalam foto yang dibagikan Bernadus kepada Bisnis, sosok yang akrab disapa dr. Boen itu meninggal pada Selasa (4/4/2023) saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Medistra. Saat ini jenazah dr. Boen disemayamkan di Rumah Duka Sentosa, Jakarta Pusat.

Jenazah dr. Boen rencananya akan dimakamkan di San Diego Hill, Karawang pada Sabtu, 8 April 2023.

Dr. Boen yang memiliki gelar doktor di ilmu farmasi mendirikan Kalbe Farma di garasinya pada 1966 bersama dengan lima saudaranya. Sejak mundur dari jabatannya sebagai Presiden Komisaris KLBF pada 2008, Forbes melaporkan bahwa dr. Boen memilih untuk fokus pada Stem Cell and Cancer Institute.

Pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah pada 23 September 1933 itu menyelesaikan pendidikan SD di Tegal. Dia lalu melanjutkan SMP dan SMA di Jakarta.

Boen kemudian menyelesaikan pendidikan S1-nya di Fakultas Kedokteran UI pada 1958. Selepas menamatkan gelar S1, Boen pergi ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan spesialis hingga doktoral di University of California. Selesai mendapatkan gelar Phd, dia pulang ke Indonesia dan menjadi dosen di FKUI.

Bisnisnya bermula pada 1963 melalui PT Farmindo, tapi perusahaan itu hanya bertahan beberapa tahun karena kurangnya pengalaman Boen di bidang pemasaran. Namun, Boen kembali mendirikan perusahaan pabrik farmasi bernama Kalbe Farma bersama kelima saudaranya dan seorang teman pada 10 September 1966. 

Bisnis Boen diuji saat krisis 1998, Kalbe Farma pun dilanda kesulitan finansial, bahkan nyaris gulung tikar. Namun, perusahaannya tetap bertahan berkat pinjaman dari luar negeri.

Kini kapitalisasi Kalbe Farma telah mencapai Rp97,5 triliun dan merupakan perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Beberapa produk Kalbe Farma yang paling dikenal sekarang adalah Promag, Komix, Fatigon, Mixagrip.

Boen juga dinobatkan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia oleh Forbes. Nilai kekayaan Boen dan keluarga pada 2022 mencapai US$4,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper