Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bibit Beberkan Nilai Lebih Investasi Obligasi Fixed Rate

Bibit.id menjelaskan beberapa keunggulan yang dimiliki Obligasi Negara Fixed Rate (FR).
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Bibit.id, aplikasi investasi digital, menjelaskan keunggulan Obligasi Negara Fixed Rate (FR) yang membuatnya menarik untuk dimiliki.

Head of Investment Research Bibit.id, Vivi Handoyo Lie, mengatakan bahwa Obligasi FR memiliki beberapa keunggulan.

"Pertama, yield Obligasi FR tergolong tinggi dan lebih besar daripada deposito atau tabungan di bank," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (30/3/2023).

Saat ini, lanjutnya, rata-rata yield Obligasi FR adalah sekitar 5-7 persen per tahun. Apabila mengacu pada Data Statistik Perbankan Indonesia pada Desember 2022, rata-rata suku bunga deposito ≥12 bulan bank umum adalah 4,68 persen per tahun, sementara pada periode yang sama inflasi telah menyentuh angka 5,51 persen.

Di sisi lain, pajak yang dikenakan pada Obligasi FR juga hanya 10 persen, berbeda dari deposito yang berada di angka 20 persen.

Kedua, dari segi keamanan, Obligasi FR merupakan instrumen investasi yang sangat aman karena pemerintah Indonesia menjamin 100 persen pembayaran pokok dan kuponnya.

Berbeda dari deposito yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan memiliki batas maksimal Rp2 milyar per bank per nasabah, jumlah investasi Obligasi FR tetap dijamin oleh negara tanpa batas maksimal.

Obligasi negara FR biasanya disebut risk-free asset, karena bisa dibilang hampir tidak ada risiko gagal bayar.

Dia menambahkan investor tidak perlu khawatir dengan jatuh tempo yang terlihat lama, karena Obligasi FR diperdagangkan di pasar sekunder sehingga sangat liquid. Artinya, investor bisa menjual investasinya sebelum jatuh tempo.

Vivi menuturkan sebagai instrumen investasi yang sangat aman, Obligasi FR cocok untuk investor yang ingin melindungi aset mereka dari inflasi dan mendapat passive income yang pasti.

Investor bisa melengkapi portofolio investasi mereka dengan Obligasi FR melalui Bibit Plus. Bibit menawarkan harga yang sangat kompetitif, harga belinya lebih rendah sehingga investor bisa mendapatkan yield lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper