Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Market: Janji Dividen Jumbo BUMN, ADRO Buyback Saham Rp4 Triliun

Janji Menteri BUMN Erick Thohir pecah rekor dividen tahun ini dan rencana ADRO buyback saham Rp4 triliun paling banyak dibaca di Kanal Market Bisnis.com.
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis/Himawan L Nugraha
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku pasar modal mencermati berita mengenai janji Menteri BUMN Erick Thohir untuk memecahkan rekor pembagian dividen pada tahun ini.

Selain itu, rencana buyback saham Adaro Energy Indonesia (ADRO) juga menjadi berita yang banyak mendapatkan perhatian para investor.

Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com:

1. Erick Thohir Janji Dividen Jumbo BUMN, Telkom dan BRI Siap Guyur

Menteri BUMN Erick Thohir menjanjikan akan memecahkan rekor pembagian dividen pada tahun ini. Diantaranya berasal dari Telkom dan Bank BRI.

Pada kemarin, Senin (13/2/2023) di kompleks DPR, Erick menyatakan BUMN akan membagikan dividen melebihi target yang telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi. Pasalnya, berdasarkan laporan keuangan unaudited, pendapatan BUMN bertumbuh dari Rp2.292 triliun menjadi Rp2.613 triliun.

Adapun, laba bersih pada 2022 meningkat signifikan dari Rp125 triliun menjadi Rp303,7 triliun atau naik Rp179 triliun.

2. Adaro (ADRO) Buyback Saham Jumbo Rp4 Triliun, Tahan Harga Terjun Bebas

Emiten Garibaldi Thohir, PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) memutuskan untuk melakukan pembelian kembali saham bernilai jumbo Rp4 triliun di tengah harga sahamnya yang sedang volatil.

Manajemen ADRO menyebutkan, perseroan melakukan buyback saham dengan target maksimal Rp4 triliun.

Adapun, buyback saham tersebut akan dilakukan sesuai ketentuan dalam POJK No. 2/2013 dan SEOJK No. 3/2020, yakni jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 20 persen dari modal disetor, dan ketentuan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5 persen dari modal disetor perseroan.

3. Merunut Pembagian Dividen Bukit Asam (PTBA) Lima Tahun Terakhir

PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) dalam lima tahun terakhir tidak pernah absen membagikan dividen. Perseroan berpotensi ikut berkontribusi dalam pemecahan rekor dividen emiten BUMN tahun ini.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan pembagian dividen BUMN mencapai bisa mencapai Rp60 triliun lebih.

Erick mengatakan BUMN dapat membagikan dividen melebihi target yang telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada 2023. Adapun salah satu penyetor terbesar adalah PT Bukit Asam Tbk. (PTBA).

4. Laba Menciut Kendati Hirupan Asap Rokok Sampoerna (HMSP) Menebal

Emiten rokok PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) mencatatkan penurunan kinerja laba bersih sekalipun jumlah penjualan rokok per batang mengalami kenaikan.

Sepanjang 2022, volume penjualan rokok Sampoerna menembus 86,8 miliar batang. Angka itu merefleksikan kenaikan 4,8 persen daripada 2021 yang mencapai 82,8 miliar batang.

Volume penjualan HMSP sejalan dengan naiknya jumlah rokok yang dijual di pasar Indonesia. Berdasarkan laporan pengendali HMSP, Philip Morris International, total pasar rokok Indonesia pada 2022 menembus 309,6 miliar batang, naik 4,5 persen secara tahunan daripada 2021 yang berada di angka 296,2 miliar batang.

5. Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini, Selasa 14 Februari 2023, Cuan Valentin

Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan Selasa (14/2/2023) di tengah penantian pasar terhadap data neraca perdagangan, suku bunga BI7DRR, dan inflasi AS.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan pergerakan IHSG saat ini berpotensi mengalami kenaikan terbatas di tengah rilis data perekonomian yang akan dilansir dan rilis data kinerja emiten secara full year 2022.

"Namun, hingga saat ini belum terlihat adanya capital inflow yang mengalir deras masuk ke dalam pasar modal kita, sehingga peluang terjadinya tekanan jangka pendek juga masih terbuka," paparnya dalam publikasi riset.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper