Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyali Besar SLIS Rancang Rights Issue Tanpa Ada Pembeli Siaga

Emiten sepeda listrik, PT Gaya Abadi Sempurna Tbk. (SLIS) bakal melakukan aksi rights issue tanpa pembeli siaga.
Jajaran Direksi dan Komisaris PT Gaya Abadi Sempurna dalam Due Diligence Meeting & Public Expose Penawaran Umum Perdana Saham, Selasa (10/9/2019)./Bisnis - Azizah Nur Alfi
Jajaran Direksi dan Komisaris PT Gaya Abadi Sempurna dalam Due Diligence Meeting & Public Expose Penawaran Umum Perdana Saham, Selasa (10/9/2019)./Bisnis - Azizah Nur Alfi

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten sepeda listrik, PT Gaya Abadi Sempurna Tbk. (SLIS) telah mengantongi persetujuan para pemegang saham untuk pelaksanaan penerbitan saham baru dengan skema rights issue atau penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD). Meski demikian, manajemen mengatakan tidak terdapat pembeli siaga dalam aksi korporasi ini.

Berdasarkan prospektus, jumlah saham baru yang akan diterbitkan sebanyak-banyaknya 2 miliar dengan nilai nominal Rp50 per saham yang setara dengan 50 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah PMHMETD. SLIS belum mengumumkan harga pelaksanaan rights issue.

Bersamaan dengan rights issue ini, SLIS juga akan menerbitkan maksimal 700 juta waran seri I yang diberikan secara cuma-cuma kepada pemegang saham yang melaksanakan PHMETD I

Dana hasil PMHMETD ini akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja SLIS melalui setoran modal kepada entitas anak usaha PT Juara Bike, demikian juga seluruh dana hasil pelaksanaan Waran Seri I. Juara Bike merupakan produsen kendaraan listrik roda dua dan roda tiga dengan penggunaan bahan baku lokal mencapai 56 persen.

Dana segar itu juga akan dipakai untuk modal kerja SLIS untuk membeli persediaan seperti bahan baku, bahan jadi dan supporting materials, upah dan gaji, tunjangan dan biaya-biaya lainnya untuk memenuhi kebutuhan operasional.

Selis Investama Indonesia (SII) sebagai salah satu pemegang saham utama dan pengendali dengan kepemilikan  1,12 miliar saham atau setara 60 persen menyatakan tidak akan melakukan seluruh HMETD dan mengalihkan kepada pihak lain. SII tercatat memiliki hak rights issue sebanyak 1.125.000.000 saham.

Apabila saham-saham yang ditawarkan dalam PMHMETD I tersebut tidak seluruhnya diambil bagian oleh pemegang saham, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih dari haknya.

“Dalam PMHMETD I ini tidak terdapat pembeli siaga. Dengan demikian, apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa HMETD yang tidak dilaksanakan maka terhadap seluruh HMETD yang tersisa tersebut tidak akan dikeluarkan saham dari portepel,” tulis manajemen.

Manajemen SLIS menambahkan bahwa pemegang saham lama yang tidak melaksanakan haknya untuk membeli saham baru yang ditawarkan dalam rights issue ini sesuai dengan porsinya akan mengalami dilusi maksimum sebesar 50 persen.

Sebagai gambaran, saham SLIS parkir di level Rp199 pada Selasa (14/2/2023). Apabila dikalkulasi dengan harga pasar saat ini, SLIS berpotensi meraup dana sekitar Rp398 miliar dari aksi korporasi ini.

Berikut jadwal sementara rights issue SLIS

Tanggal RUPSLB : 5 Januari 2023

Tanggal Pernyataan Pendaftaran Penawaran HMETD Menjadi Efektif : 31 Maret 2023

Recording Date : 13 April 2023

Tanggal Terakhir Perdagangan Saham dengan HMETD

Pasar reguler dan negosiasi : 11 April 2023

Pasar tunai : 13 April 2023

Tanggal mulai perdagangan saham tanpa HMETD

Pasar reguler dan negosias : 12 April 2023

Pasar tunai : 14 April 2023

Tanggal Distribusi HMETD : 14 April 2023

Tanggal pencatatan saham di BEI : 17 April 2023

Periode perdagangan dan pelaksanaan HMETD : 17—28 April 2023

Periode Penyerahan Saham Hasil Pelaksanaan HMETD : 19 April – 3 Mei 2023

Tanggal Terakhir Pembayaran Pesanan Tambahan : 3 Mei 2023

Tanggal Penjatahan : 4 Mei 2023

Tanggal Pengembalian Kelebihan Uang Pesanan : 8 Mei 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper