Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krakatau Steel (KRAS) RUPSLB Pekan Ini, Siapa Kandidat Pengganti Silmy Karim?

Krakatau Steel (KRAS) akan menggelar RUPSLB pada Rabu, 18 Januari 2023 untuk mengganti Silmy Karim yang pindah menjadi Dirjen Imigrasi.
Karyawan PT Krakatau Steel Tbk. menyelesaikan pembuatan pipa baja disebuah pabrik di Cilegon, Banten./Bisnis
Karyawan PT Krakatau Steel Tbk. menyelesaikan pembuatan pipa baja disebuah pabrik di Cilegon, Banten./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Silmy Karim resmi meninggalkan pos jabatannya sebagai direktur utama di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. (KRAS), seiring dengan pelantikannya sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM pada 4 Januari 2023.

Menyusul kosongnya jabatan pucuk pimpinan, KRAS telah memanggil para pemegang sahamnya untuk menghadiri rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang rencananya digelar pada Rabu, 18 Januari 2023 di Gedung Krakatau Steel, Jakarta.

Salah satu mata acara dalam RUPSLB tersebut adalah persetujuan perubahan susunan pengurus Krakatau Steel, termasuk perubahan nomenklatur jabatan anggota direksi Perseroan dalam rangka restrukturisasi dan holding KRAS.

Posisi yang ditinggalkan Silmy sendiri untuk sementara dijabat oleh Purwono Widodo yang berperan sebagai Plt. Direktur Utama. Dia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha Krakatau Steel.

Berkaitan dengan kandidat yang namanya akan diusulkan dalam RUPSLB pada Rabu pekan ini, Corporate Secretary Krakatau Steel Pria Utama mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan dari pemegang saham seri A.

“Kandidat itu semuanya kewenangan dari pemegang saham seri A yaitu Kementerian BUMN,” kata Pria, Minggu (15/1/2023).

Dalam paparan publik KRAS pada 30 Desember 2022, Silmy Karim mengatakan bahwa dia telah mengusulkan nama penggantinya kepada Menteri BUMN Erick Thohir.

Silmy mengatakan nama pengganti dirinya akan diumumkan pada RUPSLB 18 Januari 2023. Menurutnya, keputusan terkait pengganti dirinya ada dalam kewenangan Menteri BUMN. “Itu kewenangan Menteri BUMN. Kami hanya menyampaikan pandangan,” ucap Silmy.

Selama menjabat sebagai Direktur Utama KRAS, Silmy Karim berhasil membawa Krakatau Steel memperoleh keuntungan selama 3 tahun berturut-turut setelah sebelumnya Krakatau Steel merugi selama 8 tahun.

Pendapatan Krakatau Steel ketika Silmy Karim mulai bergabung pada 6 September 2018 adalah sebesar Rp20,05 triliun. Pada 2021, pendapatan meningkat sebesar 65 persen menjadi Rp33,07 triliun. Tren positif itu berlanjut di tahun 2022 di mana Krakatau Steel mencatatkan pendapatan sebesar Rp28,3 triliun dan laba bersih sebesar Rp1,2 triliun per September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper