Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wijaya Karya (WIKA) Bangun 40 Bendungan Selama Periode Jokowi

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) telah mengembangkan 40 bendungan semasa pemerintahan Presiden Jokowi.
Karyawati beraktivitas di depan logo PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) di Jakarta, Senin (11/7/2022). Bisnis/Abdurachman
Karyawati beraktivitas di depan logo PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) di Jakarta, Senin (11/7/2022). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN karya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) mencatatkan dua peresmian bendungan selama sepekan terakhir yang menjadi bagian dari 40 bendungan yang dirampungkannya.

Direktur Utama Wijaya Karya Agung Budi Waskito menyampaikan telah merampungkan pembangunan dan peresmian Bendungan Sadawarna, Kabupaten Sumedang. Hal ini mencerminkan kompetensi WIKA dalam pembangunan infrastruktur bendungan.

"40 bendungan telah masuk dalam portofolio Perusahaan. Ini menjadi momentum semakin menguatkan semangat WIKA menuntaskan berbagai proyek, terutama proyek bendungan yang dipercayakan oleh Kementerian PUPR kepada WIKA," jelas Agung, dikutip Rabu (28/12/2022).

Presiden RI Joko Widodo meresmikan bendungan Sadawarna, Kabupaten Sumedang, Selasa (27/12/2022). Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Dirjen Sumber Daya Air Djarot Widyoko, Bupati Subang, H. Ruhimat, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar dan Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa Bendungan Sadawarna adalah bendungan ke 33 yang telah diresmikan sejak 8 tahun yang lalu. Bendungan yang memiliki luas genangan seluas 695 hektare tersebut mampu mengairi sawah seluas 4.280 hektare di Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu.

Bendungan dengan panjang 933 meter ini memiliki total tampungan air sebanyak 70.86 juta m3, dengan volume tampungan efektif sebesar 42.11 juta m3. Selain mengairi sawah, Bendungan Sadawarna juga akan bermanfaat untuk mengatasi banjir di daerah Pamanukan dan sekitarnya.

Pada pembangunannya, WIKA yang tergabung dalam KSO bersama PT Daya Mulia Turangga dan PT Barata Indonesia (Persero) ditunjuk oleh Kementerian PUPR sebagai kontraktor pelaksana paket I.

Dengan porsi pekerjaan 70 persen, WIKA dipercaya untuk mengerjakan Konstruksi Utama yang meliputi Pekerjaan Tubuh Bendungan, Pekerjaan Saluran Pengelak Tipe Konduit, Pekerjaan Bangunan Pengambilan, juga Pekerjaan Hidromekanikal.

Ini merupakan yang kedua kali peresmian bendungan yang dikerjakan WIKA oleh Presiden RI Joko Widodo dalam kurun waktu kurang dari 1 minggu. Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Sukamahi yang dikerjakan oleh WIKA-Basuki KSO pada 23 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper