Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambah Kepemilikan, Entitas CVC Borong 14,25 Juta Saham Samator Indo Gas (AGII)

Matrix Company Limited memperbesar kepemilikan di saham PT Samator Indo Gas Tbk. (AGII) melalui aksi borong saham pada awal Agustus 2024.
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan investasi yang terafiliasi dengan CVC, Matrix Company Limited memperbesar kepemilikan di saham PT Samator Indo Gas Tbk. (AGII) melalui aksi borong saham pada awal Agustus 2024. 

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 2 Agustus 2024, terjadi perubahan kepemilikan saham AGII oleh Matrix Company Limited.

Dalam laporan kepemilikan saham di atas 5% itu, saham AGII yang dipegang oleh Matrix Company Limited bertambah dari 989.253.120 saham atau setara dengan 32,26% menjadi 1.003.510.420 saham atau setara dengan 32,72%. 

Artinya, Matrix Company Limited memborong tambahan saham AGII sebanyak 14.257.300 saham. 

Apabila dikalkulasi dengan harga saham AGII di lantai bursa pada penutupan perdagangan 2 Agustus 2024 sebesar Rp1.725 per saham maka nilai transaksi pembelian saham AGII berkisar Rp24,59 miliar. 

Ditarik ke belakang, Matrix Company Limited tercatat mulai menggenggam saham Samator Indo Gas pada 15 Maret 2023. Sebagai gambaran, Matrix Company Limited merupakan sebuah perusahaan investasi induk yang akan didanai oleh Funds CVC yang dinasihati dan/atau dikelola oleh CVC Capital Partners (CVC).

Saat itu, Matrix Company Limited telah membeli saham minoritas AGII yang signifikan dari pemegang saham existing dengan nilai sekitar US$155 juta. Pascatransaksi tersebut, keluarga Harsono tetap menjadi pemegang saham mayoritas AGII dan mempertahankan pengendalian atas Samator Indo Gas.

CVC merupakan manajer investasi alternatif global terkemuka dengan aset senilai total 137 miliar euro yang dikelola. CVC memiliki rekam jejak investasi yang kuat di Indonesia setelah tujuh investasi lainnya di Indonesia. 

Memanfaatkan jaringan dan pengalamannya yang luas, CVC berkomitmen untuk berbagi pengetahuan global dan praktik terbaik dengan perseroan agar investasi ini dapat membawa manfaat yang signifikan bagi AGII. 

Samator Indo Gas diharapkan akan terus bertumbuh dan memperkuat posisinya pada sektor gas industri dan medis di Indonesia. Investasi ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat positif bagi perseroan, karyawannya, serta seluruh mitra perseroan di Indonesia.

Di lantai bursa, saham AGII menguat 7,89% year-to-date ke level Rp1.640 per saham pada akhir perdagangan Selasa (6/8/2024). Emiten produsen gas industri dan medis itu memiliki kapitalisasi pasar Rp5,03 triliun.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper