Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

United Tractors (UNTR) Gelontorkan Rp3,4 Triliun Bangun Smelter Nikel

Capex yang diperlukan United Tractors (UNTR) sekitar US$220 juta untuk pembangunan smelter dalam kurun waktu 2,5-3 tahun.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  20:46 WIB
United Tractors (UNTR) Gelontorkan Rp3,4 Triliun Bangun Smelter Nikel
Kegiatan operasional PT Pamapersada Nusantara, anak usaha PT United Tractors Tbk. yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan. - unitedtractors.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten tambang dan alat berat Grup Astra PT United Tractors Tbk. (UNTR) bakal menggelontorkan belanja modal sebesar US$220 juta untuk pembangunan smelter nikel usai mengakuisisi tambang dan smelter nikel Stargate.

Corporate Secretary UNTR Sara K. Loebis mengatakan bahwa perseroan mengeluarkan capital expenditure (capex) setara dengan Rp3,43 triliun (asumsi kurs Rp15.613) tersebut untuk kurun waktu 2,5-3 tahun.

Capex yang diperlukan sekitar US$220 juta untuk pembangunan smelter dalam kurun waktu 2,5-3 tahun,” jelasnya kepada Bisnis, Kamis (8/12/2022).

UNTR baru-baru ini resmi melakukan ekspansi ke bisnis nikel dengan mengakuisisi tambang nikel milik PT Stargate Pacific Resources (SPR) dan smelter milik PT Stargate Mineral Asia (SMA) melalui anak usahanya PT Danusa Tambang Nusantara senilai US$271,6 juta atau setara dengan Rp4,27 triliun.

“Tambang ini rata-rata akan memproduksi 450.000-500.000 ton nikel per tahun,” ungkap Sara.

Adapun, hasil produksinya diperkirakan bisa tercatat di laporan keuangan perseroan pada pertengahan tahun depan, karena closing transaction akan membutuhkan waktu kurang lebih empat bulan sejak penandatanganan CSPA.

“Adanya aset mineral seperti nikel ini secara bertahap dan diharapkan dapat menyeimbangkan kontribusi pendapatan perseroan dari bisnis batu bara,” jelasnya.

Sebagai catatan, Stargate Pasific Resources merupakan perusahaan tambang nikel yang berlokasi di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. SPR merupakan perusahaan hasil penggabungan atau joint venture antara Risjadson Group, Indonesia dan Glencore International AG, Switzerland.

Pada April 2017, PT Anugerah Surya Pacific Resources (ASPR) mengambil 100 persen kepemilikan di Stargate, dengan tujuan mengembangkan proyek nikel Stargate dari operasi pertambangan saja, menjadi pengolahan nikel untuk feronikel dan bahan baterai nikel energi baru. SPR merupakan pemegang izin pertambangan di lahan dengan luas sekitar 1.647 hektar (ha)

Hari ini saham UNTR terpantau melemah 2,67 persen atau 750 poin ke Rp27.300. Harga saham UNTR sepanjang 2022 berjalan terpantau naik 23,25 persen dan dalam setahun naik 19,87 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

united tractors Nikel capex belanja modal untr
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top