Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

AKR Corporindo (AKRA) Lepas Saham Perusahaan JV dengan Pelindo

AKRA mengalihkan 49 persen saham miliknya di PT Terminal Curah Semarang ke PT Pelindo Multi Terminal.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 07 Desember 2022  |  20:33 WIB
AKR Corporindo (AKRA) Lepas Saham Perusahaan JV dengan Pelindo
Entitas anak PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) pengelola KEK JIIPE, PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), dan PT Freeport Indonesia (PTFI) menandatangani perjanjian sewa tanah jangka panjang. - AKRA.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten distributor bahan bakar minyak PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) melepas saham senilai Rp147,86 juta ke anak usaha Pelindo.

Berdasarkan keterbukaan informasi Perseroan di Bursa Efek Indonesia, AKRA melalui anak usahanya PT Andahanesa Abadi (AA) mengalihkan sahamnya sejumlah 49 persen di PT Terminal Curah Semarang (TCS) senilai Rp147.862.583,75 ke PT Pelindo Multi Terminal.

Pelindo Multi Terminal adalah anak usaha pelabuhan BUMN, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) ata Pelindo yang mengelola entitas bisnis kepelabuhanan di bidang operasi terminal multipurpose di Indonesia, seperti curah cair, curah kering, kargo umum, dan sebagainya.

"Pengalihan saham TCS diperuntukkan untuk operator terminal curah cair dan gas di Semarang," jelas Direktur AKRA Suresh Vembu dalam keterbukaan informasi, Rabu (7/12/2022).

Manajemen menjelaskan, transaksi ini bukanlah transaksi material, dan bukan transaksi afiliasi atau transaksi benturan kepentingan.

Sebagai informasi, TCS merupakan perusahaan patungan (joint venture/JV) antara Andahesa Abadi dan Pelindo dengan komposisi pemegang saham yakni Andahanesa Abadi menguasai sebesar 60 persen, dan 40 persen sisanya dimiliki oleh Berlian Jasa Terminal Indonesia.

Pada penutupan perdagangan Rabu (7/12/2022) saham AKRA ditutup parkir di zona hijau, naik 1,10 persen atau 15 poin ke 1.375. Sepanjang 2022 berjalan, harga sahamnya naik 67,27 persen, dan dalam setahun harganya tumbuh 59,88 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akr corporindo pelindo joint venture
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top