Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Crazy Rich Surabaya Hermanto Tanoko Ekspansi DEPO ke Medan

Emiten bahan bangunan milik crazy rich asal Surabaya Hermanto Tanoko yakni PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (DEPO) ekspansi gerai fisik di Medan.
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten bahan bangunan milik crazy rich asal Surabaya Hermanto Tanoko yakni PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (DEPO) ekspansi gerai fisik di Medan, Sumatera Utara.

Pada 12 November 2022, Depo Bangunan membuka gerai ke-12 di kota Medan, Sumatera Utara. Direktur Utama Caturkarda Depo Bangunan Kambiyanto Kettin mengungkapkan, gerai di kota Medan menjadi gerai kedua yang dibuka pada tahun ini setelah di Pondok Gede, Jawa Barat.

“Kami sudah menargetkan tahun ini ada dua gerai yang dibuka. Setelah di Pondok Gede, Bekasi pada Februari lalu, pada 12 November ini, kami membuka gerai ke-12 di kota Medan, Sumatera Utara. Pemilihan kota Medan merupakan bagian dari upaya diversifikasi bisnis yang selama ini masih didominasi di pulau Jawa,” kata Kambiyanto dalam keterangannya, Minggu (13/11/2022).

Kambiyanto menjelaskan, kota Medan menjadi pilihan lokasi gerai ke-12 karena pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara yang terus meningkat. Perekonomian Sumatera Utara tahun 2022 diprediksi tumbuh lebih tinggi dari tahun 2021 dengan rentang proyeksi 4,1--4,9 persen (yoy). Kian pulihnya mobilitas dan membaiknya daya beli akan mendorong konsumsi masyarakat.

“Berbagai indikator ekonomi terkini di Sumut terus menunjukkan perbaikan di tengah meningkatnya biaya produksi. Tetap kuatnya ekonomi di Sumatera Utara tercermin dari tetap tingginya mobilitas masyarakat yang dapat mendorong konsumsi. Ini menjadi pertimbangan utama kami dalam memilih lokasi untuk dijadikan gerai ke-12,” ungkap Kambiyanto.

Kambiyanto optimistis, gerai ke-12 di kota Medan akan semakin memperbesar revenue Depo Bangunan pada tahun ini. Kata Kambiyanto, Pulau Jawa masih merupakan pusat pasar dengan kontribusi hingga 60 persen.

Sementara itu, pertumbuhan organik secara wilayah terbagi menjadi di Bali yang tumbuh sebesar 10,4 persen, diikuti Lampung yang tumbuh sebesar 9,6 persen, lalu penjualan online lewat WhatsApp juga menunjukkan kontribusi yang terus meningkat menjadi 7,4 persen pada semester pertama 2022 ini dari sebelumnya 5,4 persen dari total penjualan.

Sampai dengan kuartal ketiga DEPO berhasil mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp1,87 triliun, naik 10,3 persen dari periode tahun sebelumnya. Perseroan membukukan marjin laba bruto sebesar 18,0 persen, marjin EBITDA sebesar 5,0 persen atau Rp95 miliar dan marjin laba tahun berjalan sebesar 3,2 persen atau sebesar Rp60 miliar. Pada akhir tahun, pendapatan diharapkan bisa Rp2,55--Rp2,6 triliun.

Depo Bangunan adalah supermarket bahan bangunan yang menyediakan kebutuhan membangunan dan merenovasi rumah mulai dari bahan bangunan hingga perlengkapan rumah tangga.

Depo Bangunan merupakan pionir yang memperkenalkan cara berbelanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah tangga dalam satu atap, lengkap, nyaman dan harga relatif murah dengan kualitas terjamin

Peresmian gerai ke-12 Depo Bangunan di Ringroad Gagak Hitam dihadiri oleh asosiasi profesi seperti Kontraktor Developer Real Estate Arsitek dan Desainer Interior juga oleh Supplier Bahan Bangunan seluruh Indonesia .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper