Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Alibaba Masuk, Smartfren (FREN) Fokus Ciptakan Produk Sesuai Target Pasar

Smarftren (FREN) membuat produk bekerja sama dengan Grup Alibaba melalui Whale Cloud.
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra - Bisnis.com 12 November 2022  |  15:35 WIB
Alibaba Masuk, Smartfren (FREN) Fokus Ciptakan Produk Sesuai Target Pasar
Smarftren (FREN) membuat produk bekerja sama dengan Grup Alibaba melalui Whale Cloud. Bisnis - Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Grup Sinarmas PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) mengaku masih fokus untuk menciptakan produk untuk target pasar usai Alibaba menginvestasikan dana US$100 juta ke Smartfren Telecom.

Direktur Smartfren Gisela Lesmana mengatakan salah satu produk yang tengah dikembangkan FREN saat ini adalah aplikasi MySF. Aplikasi khusus pengguna Smartfren tersebut juga tertanamkan layanan jual beli untuk gaya hidup atau lifestyle commerce yang disebut dengan SF Shop.

Gisela mengklaim produk yang ditawarkan tersebut sudah sesuai dengan segmen pasar Smartfren. Pengguna dapat mencari produk digital atau bahkan kebutuhan sehari-hari seperti make up, skin care, dan lain-lain.

Produk tersebut merupakan hasil kerja sama antara FREN dengan Grup Alibaba melalui Whale Cloud.

Whale Cloud melalui entitasnya yang bernama Fonixtree Digital Singapore Ltd (FDSL) membentuk entitas patungan alias joint-venture (JV) dengan PT SF Digital Commerce Tbk. (SFDC) yang hampir sepenuhnya (99,9 persen) dimiliki oleh emiten telekomunikasi FREN.

JV tersebut diberi nama PT Nuri Gaya Citra (NGC), dan diguyur dengan modal awal Rp7,25 miliar. Seiring waktu berjalan, NGC tampak agresif mengembangkan asetnya.

“Sebenarnya itu kita kerja sama dengan Whale Cloud. Whale Cloud sendiri kan sebenarnya secara tidak langsung adalah turunan dari Alibaba,” ujar Gisela kepada Bisnis dikutip pada Sabtu (12/11/2022).

Selain itu, FREN juga tengah mengembangkan produk layanan baru yang disebut-sebut sebagai beyond telco. Kampanye beyond telco tersebut bertujuan untuk menciptakan layanan yang bersifat lebih digital initiative sesuai dengan pasar pengguna Smartfren yang mayoritas berusia muda.

FREN juga memperkuat strategi konten dengan meluncurkan produk bundling berlangganan dengan Vidio. Selain itu, terdapat juga kolaborasi dengan dana sehingga pembayaran dapat dengan mudah dilakukan melalui dana.

“Jadi sebenarnya yang kita sebut beyond telco itu adalah di luar dari produk konvensional kita. Apa yang bisa kita tawarkan buat pelanggan kita supaya digital experience dia semakin baik dalam levelnya Smarfren,” jelas Gisela.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartfren fren alibaba Emiten Telekomunikasi
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top