Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tower Bersama (TBIG) Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun Senin Besok

Emiten menara PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) mengumumkan telah menyelesaikan penerbitan Obligasi Berkelanjutan V.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 23 Oktober 2022  |  10:42 WIB
Tower Bersama (TBIG) Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun Senin Besok
Teknisi melakukan perawatan Base Transceiver Station (BTS) di menara milik PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) di kawasan Gunung Pancar, Kabupaten Bogor, Selasa (30/8/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten menara PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) mengumumkan telah menyelesaikan penerbitan Obligasi Berkelanjutan V Tower Bersama Infrastructure Tahap V Tahun 2022 atau Obligasi TBIG V Tahap V [ada Jumat (21/10/2022) dalam program obligasi senilai Rp15 triliun.

Chief Financial Officer TBIG Helmy Yusman Santoso mengatakan total penerbitan Obligasi TBIG V Tahap V sebesar Rp1,0 triliun pada tingkat bunga tetap 5,25 persen untuk tenor 370 hari. Obligasi TBIG V Tahap V adalah setara kewajiban senior tanpa jaminan khusus dari TBIG dan memiliki pembayaran bunga setiap kuartal.

"Penggunaan dana dari penawaran ini, setelah dikurangi biaya penerbitan, akan digunakan untuk pembayaran sebagian kewajiban finansial dari entitas anak perseroan, khususnya fasilitas pinjaman revolving US$375 juta dari credit facilities yang ada," ujar Helmy dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (23/10/2022).

Obligasi TBIG V Tahap V akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 24 Oktober 2022.

Dia menjelaskan, per 30 Juni 2022, total pinjaman kotor atau gross debt TBIG, jika bagian pinjaman dalam mata uang US Dolar yang telah dilindung nilai diukur dengan menggunakan kurs lindung nilainya, adalah sebesar Rp25,2 triliun, dan total pinjaman senior atau gross senior debt sebesar Rp2,5 triliun.

Dengan saldo kas yang mencapai Rp718 miliar, maka total pinjaman bersih atau net debt menjadi Rp24,5 triliun dan total pinjaman senior bersih atau net senior debt TBIG menjadi Rp1,78 triliun. Menggunakan EBITDA kuartal kedua 2022 yang disetahunkan, rasio pinjaman bersih TBIG terhadap EBITDA adalah 4,2x.

“Setelah penerbitan ini kami masih dapat menerbitkan sekitar Rp7 triliun melalui program Obligasi TBIG V. Sekitar 90 persen dari pinjaman kami dalam bentuk obligasi berbunga tetap dalam mata uang rupiah maupun mata uang asing, dan kami berharap dapat secara reguler mengakses pasar obligasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi tower bersama tbig dolar as
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top