Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Ketahanan Kesehatan Nasional, Kalbe Farma Produksi Insulin Dalam Negeri

Kalbe Farma terus mendukung upaya ketahanan kesehatan nasional, salah satunya dengan memproduksi di dalam negeri produk insulin bermerek Ezelin.
Kalbe Farma/kalbe.co.id
Kalbe Farma/kalbe.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) melalui anak usahanya yakni PT Kalbio Global Medika akan memproduksi insulin bermerek Ezelin, guna mendukung ketahanan kesehatan nasional.

Direktur Kalbe Farma Mulialie mengatakan bahwa produk yang akan diproduksi oleh Kalbio Global Medika tersebut merupakan obat anti diabetes yang mengandung insulin glargine. Perseroan pun juga akan memasarkan insulin glargine generik.

“Kalbe berusaha meningkatkan produksi obat dalam negeri melalui implementasi instrumen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk membangun ketahanan kesehatan nasional yang lebih kuat,” ujarnya melalui keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Jumat (14/10).

Mulialie menjelaskan, Ezelin menjadi jawaban atas kebutuhan obat bagi pasien diabetes di Indonesia. Ezelin merupakan produk dalam negeri dengan kualitas profil efikasi dan keamanan yang sama dengan produk originator, namun dengan harga yang terjangkau.

Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), terdapat 19,5 juta warga Indonesia yang mengidap diabetes pada 2021. Bahkan pada 2030, diprediksi diabetes menempati posisi ketujuh sebagai penyebab kematian tertinggi di dunia.

“Ezelin merupakan bagian dari ekosisistem Diabetes Total Solution Kalbe yang difokuskan untuk membantu pasien diabetes agar mendapatkan terapi yang tepat. Ezelin sendiri telah masuk dalam formularium nasional dan e-katalog obat,“ ujar dia.

Diabetes Total Solution adalah ekosistem layanan Kalbe untuk terapi diabetes. Ekosistem ini meliputi obat resep anti diabetes dan komplikasinya, nutrisi khusus pasien diabetes (Diabetasol), alat cek gula darah mandiri (Elvasense), serta platform digital (KlikDiabetes) yang menjadi bagian dari platform digital KlikDokter.

Dari sisi farmakologi, insulin glargine adalah analog insulin manusia dalam larutan asam (pH 4), yang setelah disuntikkan akan melepaskan insulin glargine secara perlahan dalam konsentrasi yang relatif konstan selama 24 jam. Hal ini menyebabkan insulin glargine yang disuntikkan sekali sehari dapat mengontrol kadar glukosa darah harian.

“Insulin glargine memiliki aktivitas menurunkan kadar glukosa darah dengan cara merangsang pengambilan glukosa oleh otot rangka dan lemak, serta menghambat produksi glukosa hati,” ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper