Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 5 Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia, Ada Indonesia

Indonesia termasuk negara penghasil karet terbesar di dunia nomor dua setelah Thailand.  Simak penjelasannya. 
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 23 September 2022  |  14:52 WIB
Simak 5 Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia, Ada Indonesia
Negara penghasil karet
Bagikan

Keyword: Summary/meta desc: 


Topik:

https://www.bisnis.com/topic/56678/Negara-Penghasil 

https://www.bisnis.com/topic/1129/negara 

https://www.bisnis.com/topic/537/karet 

https://www.bisnis.com/topic/9162/sejarah 

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah kamu mengetahui negara penghasil karet terbesar di dunia? Karet merupakan salah satu komoditas yang sangat ramai diperdagangkan karena digunakan untuk berbagai macam industry. Namun, tidak semua negara bisa memproduksi karet karena tumbuhan yang menghasilkan getah karet hanya dapat tumbuh pada kondisi tertentu. 

Tanaman ini akan tumbuh subur pada Kawasan dengan kelembaban sekitar 80 persen dan suhu sekitar 24˚°C- 28˚°C. umumnya, tanaman ini tumbuh subur di daerah tropis antara 10˚°LU hingga 10˚°LU. Tanaman asal Amerika Selatan dan Amerika Tengah ini dibudidayakan di berbagai negara, terutama Asia Tenggara, Afrika dan Amerika Selatan. 

Berikut ini beberapa negara penghasil karet terbesar di dunia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Filipina (423.371 ton)

Negara yang didominasi dengan perbukitan dan hutan tropis ini ternyata memiliki produksi karet yang cukup tinggi, sekitar 423 ribu ton. Produksi karet di negara ini Sebagian besar digunakan dalam negeri, seperti 70 persen pada produksi ban, 18 persen pada industri alas kaki, dan 12 persen pada sarung tangan karet. Oleh karena itu, Filipina tidak banyak mengekspor karetnya ke pasaran global. 

Lahan perkebunan karet di Filipina dikelola secara perseorangan. Setiap petani rata-rata memiliki 3 hingga 10 hektar kebun karet. Karena kepemilikannya bersifat perorangan ini, harga karet bergerak cukup dinamis tanpa adanya monopoli. 

2. India (978.317 ton)

India sendiri memiliki perkebunan karet yang cenderung kecil, yaitu 450 ribu hektar yang Sebagian besar berada di Kerala. Oleh karena itu, dapat diasumsikan bahwa produktivitas pertanian Karet India cukup tinggi, dengan lahan yang kecil tetap mampu memproduksi karet dalam jumlah yang banyak. 

Namun, produksi ini hanya digunakan untuk kebutuhan dalam negeri dan jumlah tersebut masih kurang 150 ribu ton setiap tahunnya. Saat ini, India adalah salah satu negara pengimpor karet terbesar di dunia dengan total impor 150-215 ribu ton per tahunnya. 

3. Indonesia (3.630.368 ton)

Produksi karet di Indonesia telah memenuhi 29,8 persen kebutuhan dunia dengan nilai ekspor sebesar 3,9 miliar US Dollar. Dengan produksi total tahunan 3,6 juta ton, karet merupakan salah satu komoditas ekspor utama Indonesia. Sebagian besar karet di Indonesia dikirimkan ke China, Jepang, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya. 

5 provinsi di Indonesia yang menghasilkan karet terbanyak berada di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat. Daerah tersebut memiliki lahan-lahan karet yang sangat luas. Hal ini terjadi karena harga lahan masih mudah dibandingkan pulau Jawa dan kualitas tanah serta iklim yang cocok untuk perkebunan tersebut. 

4. Thailand (4.744.250 ton)

Negara yang berada di Asia Tenggara ini sudah memenuhi sekitar 31,5 persen dari kebutuhan karet di dunia. dengan produksi tahunan sekitar 4,7 ton, nilai ekspor dari karet Thailand diperkirakan sekitar 4,1 Miliar US Dollar. Sebuah angka yang cukup besar bagi perekonomian Thailand. Karet sendiri merupakan salah satu sumber devisa negara ini dan menjadi komoditas ekspor utama dari negara Thailand. 

Thailand memiliki luas kebun karet sekitar 2 juta hektar dengan kapasitas produksi 1,7 ton per hektar. Hal ini mengantarkan Thailand menjadi salah satu dengan produktivitas perkebunan karet terbesar di dunia. 

5. Vietnam (1.137.725 ton)

Negara ini memiliki iklim tropis, suhu hangat dan curah hujan tinggi. Semua unsur yang membuat tanaman karet tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan produksi total tahunan sekitar 1,1 juta ton, negara ini memenuhi kebutuhan ekspor karet dunia sebesar 7,6 persen dengan nilai ekspor 998,1 juta US Dollar. 

Oleh karena itu, karet merupakan salah satu sumber devisa terbesar untuk negara Vietnam dari kegiatan ekspor impornya. Perkebunan karet juga merupakan hajat hidup orang banyak karena banyak petani dan buruh Vietnam yang bekerja di perkebunan-perkebunan karetnya. 

Itulah negara penghasil karet terbesar di dunia, Indonesia termasuk penghasil terbesar dan kita patut bangga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara Negara Penghasil karet sejarah
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top