Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vale Indonesia INCO Operasikan Truk Listrik, Sopirnya Perempuan

Vale Indonesia mengoperasikan truk listrik perdana berkapasitas 70 ton yang dikemudikan oleh sopir perempuan.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 05 Agustus 2022  |  16:15 WIB
Vale Indonesia INCO Operasikan Truk Listrik, Sopirnya Perempuan
Vale Indonesia mengoperasikan truk listrik perdana berkapasitas 70 ton yang dikemudikan oleh sopir perempuan.
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Emiten pertambangan nikel PT Vale Indonesia Tbk (INCO) menggunakan truk listrik pertama yang akan mendukung operasi pertambangan di Blok Sorowako. Uniknya, truk listrik dikemudikan oleh sopir perempuan.

Truk listrik yang digunakan Vale Indonesia adalah CXMG tipe XDR-80-TE buatan China dengan kapasitas angkut seberat 70 ton. Truk ini memiliki auto charging di jalan menurun.

Sebagai tahap awal, Vale akan melakukan uji coba truk listrik ini selama satu tahun. Sebelumnya perseroan juga telah melakukan uji coba mobil listrik pada Januari 2022.

"Saat ini baru satu unit dulu dilakukan uji coba penggunaannya, nanti kami akan evaluasi, tentu juga diiringi dengan infrastruktur pendukung seperti charging station," tutur CEO Vale Indonesia Febriany Eddy di area pabrik Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (4/8/2022).

Truk ini nantinya akan dioperasikan oleh Yulianti Marcelinna. Seorang operator wanita yang sejak 2011 bergabung di perusahaan ini.

“Kami mendorong kesetaraan terhadap kesempatan. Tidak hanya untuk operator truk, bahkan untuk welder dan petugas kedaruratan atau Fire Emergency Services juga ada yang perempuan,” tambah Febriany

Febriany mengatakan, penggunaan truk listrik sebagai wujud komitmen perseroan dalam mencapai target untuk menurunkan karbon. Selain itu truk ini juga digunakan Vale dalam menekan biaya operasional perusahaan.

“Penggunaan truk listrik untuk mewujudkan komitmen kita menerapkan operasi rendah karbon di area operasional, sekaligus  sebagai upaya cepat untuk melakukan efisiensi. Selama ini biaya terbesar operasional perusahaan adalah untuk konsumsi energi. Langkah ini selain untuk efisiensi karbon, juga biaya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vale indonesia tbk inco perempuan Kendaraan Listrik truk
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top