Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telkom (TLKM) Luncurkan Ekosistem Metaverse MetaNesia, Ini Alasannya!

MetaNesia adalah Metaverse Mall yang diluncurkan bertepatan dengan hari ulang tahun Telkom ke-57. MetaNesia sendiri merupakan akronim dari Metaverse Indonesia.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  08:36 WIB
Telkom (TLKM) Luncurkan Ekosistem Metaverse MetaNesia, Ini Alasannya!
Kode biner dan kata metaverse yang ditampilkan di layar laptop. Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi pelat merah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) baru saja meluncurkan kosistem metaverse pertama di Indonesia, bernama MetaNesia.

MetaNesia adalah Metaverse Mall yang diluncurkan bertepatan dengan hari ulang tahun Telkom ke-57. MetaNesia sendiri merupakan akronim dari Metaverse Indonesia.

Tak hanya sekadar menyuguhkan interaksi dengan visual biasa, tetapi metaNesia dijanjikan mampu menawarkan pengalaman yang berbeda di dalam dunianya.

Deputy Executive Vice President Digital Technology & Platform Business Telkom Indonesia Ery Punta Hendraswara menuturkan bahwa banyak peluang-peluang baru yang dapat tercipta dari kehadiran metaverse besutan Telkom, misalnya bagi korporasi ekosistem baru itu dapat memberikan pengalaman baru bagi perusahaan serta konsumen dan target pasar yang akan dicapai.

Dalam beberapa tahun terakhir jangkauan untuk memberikan pelayanan bagi pelanggan dikenal dengan dua langkah yaitu secara daring dan luring, namun metaverse bisa menjadi jembatan untuk keduanya bisa digabungkan.

MetaNesia bisa memberi sentuhan dan komponen tambahan bagi Telkom untuk melayani konsumen setia ataupun menjaring konsumen baru yang mungkin belum terjangkau.

Sebelumnya, menurut Ery, orang punya persepsi kalau metaverse harus pakai VR (virtual reality), padahal metaverse lebih dari itu.

"Artinya interaksinya memang bisa menggunakan VR, tetapi kita juga mengenal AR [augmented reality]. Bahkan ada juga interaksinya yang lebih sederhana, seperti menggunakan handphone atau PC layaknya bermain gim. Tapi di situ ada bentuk interaksi-interaksi baru yang dimungkinkan dari metaverse ini," ujarnya dalam siaran pers minggu lalu (29/7/2022).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kehadiran Metanesia merupakan langkah konkret BUMN dalam mengakselerasi ekosistem digital yang terintegrasi. Menurutnya, hal ini juga sebagai bentuk adaptasi Telkom terhadap perubahan zaman.

Dia menegaskan jangan sampai nanti negara-negara lain sudah membuat dunia baru dengan sistem pembayaran sendiri, pasarnya tetap di Indonesia, lalu Indonesia menyesal.

"Kami harus menyeimbangkan perubahan dari ekosistem ini, salah satunya Metanesia untuk melihat bagaimana demografi kita yang semakin muda dan cara kehidupan mereka berbeda, kita harus lakukan adaptasi ini," ujar Erick dikutip Senin (1/8/2022).

Erick menilai Metanesia menjadi sinergi kekuatan yang ada di BUMN, UMKM, dan swasta dalam membangun dunia baru yang tetap saling  menguntungkan. Erick ingin kehadiran dunia baru ini menjadi peluang bagi UMKM naik kelas.

"Jangan sampai dengan dunia baru ini UMKM dihapuskan karena pondasi bangsa kita jelas ekonomi kerakyatan, dunia baru ini justru mempermudah akses pasar dan pendampingan UMKM agar bisa menjadi kekuatan di dunia baru," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom metaverse erick thohir
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top