Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MIND ID Gelontorkan Rp534,4 Miliar untuk Jaminan Reklamasi 2021

Selain kewajiban reklamasi, Grup MIND ID juga melaksanakan kewajiban rehabilitas Daerah Aliran Sungai (DAS).
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID./mind.id
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID./mind.id

Bisnis.com, JAKARTA – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk., PT Bukit Asam Tbk., PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk. menempatkan dana Rp534,4 miliar per 31 Desember 2021 untuk pemenuhan kewajiban reklamasi sesuai peraturan yang berlaku.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan MIND ID terus mendorong perusahaan anggota MIND ID untuk memenuhi kewajiban yang terkait dengan proses bisnis salah satunya kepatuhan penempatan dana jaminan reklamasi.

“Sebagai perusahaan pengelola sumber daya alam strategis Indonesia, Grup MIND ID memastikan perubahan bentang alam dilakukan secara terencana sehingga mampu meminimalkan dampak operasional dan mengoptimalkan hasil pemrosesan mineral," ungkapnya dalam keterangan pers, Senin (18/7/2022).

Kebijakan reklamasi MIND ID mengacu kepada UU no. 3 tahun 2020 tentang Perubahan Atas UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara. Grup MIND ID berkomitmen melaksanakan kewajiban reklamasi dan pascatambang dengan tingkat keberhasilan 100 persen.

Selain kewajiban reklamasi, MIND ID juga melaksanakan kewajiban rehabilitas Daerah Aliran Sungai (DAS). Pada 2022, MIND ID merencanakan rehabilitasi DAS seluas 3.641 hektar. Adapun. sampai dengan Mei 2022, total capaian luasan penanaman dan pemeliharaan program rehabilitasi DAS sebesar 1.949 hektar.

MIND ID juga terus memperhatikan aspek keberlanjutan di setiap kegiatan operasional sesuai dengan peta jalan keberlanjutan MIND ID.

"Grup MIND ID konsisten menjalankan upaya ini secara maksimal sesuai dengan regulasi yang berlaku baik KLHK dan KESDM. MIND ID juga berupaya memenuhi standar ICMM [International Council on Mining and Metals] sebagai wujud komitmen tata kelola operasional yang sesuai dengan standar kelas dunia " tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper