Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Kripto Masih Crash? Ini 7 Psikologi Trading Kripto Supaya Tetap Cuan

Fluktuasi harga di pasar kripto akhir-akhir ini membuat jantungan sehingga trader dianjurkan memiliki psikologi trading yang baik.
Investor memantau pergerakan harga kripto melalui ponselnya di Jakarta, Minggu (20/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Investor memantau pergerakan harga kripto melalui ponselnya di Jakarta, Minggu (20/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Investasi di pasar kripto akhir-akhir ini membuat jantungan. Penurunan tajam yang sempat terjadi akibat kekhawatiran resesi global wajib dihadapi dengan psikologi trading yang baik.

Psikologi trading adalah salah satu hal penting yang harus dikuasai oleh trader agar bisa mengambil keputusan dengan efektif. Ada dua aspek yang berhubungan erat dengan psikologi saat trading, yaitu rasa rakus (greed) dan takut (fear). Trader dengan pengalaman yang minim sering kali dihadapi oleh kedua hal tersebut.

Biasanya, ketika seorang trader sedang berhasil meraup keuntungan dari satu transaksi, ia cenderung ingin bertransaksi lagi dan lagi demi mengantongi lebih banyak keuntungan. Cara demikian tentu berisiko, karena trader bisa saja bertindak terlalu cepat tanpa perhitungan yang matang. Ujungnya, alih-alih untung malah buntung.

Seorang trader profesional biasanya lebih dapat menguasai rasa rakus dan ketakutan tersebut agar tetap bisa konsisten, tenang, dan mengambil langkah dengan bijak saat bertransaksi. Tentu saja kemampuan ini tidak bisa diperoleh dalam semalam.

Menyiapkan kondisi mental jadi bagian penting untuk bisa sukses sebagai trader. Lantas, apa saja contoh psikologi trading yang bisa membantumu meraih keuntungan dan minim kerugian? Simak tipsnya dikutip dari Pintu Academy, Sabtu (16/7/2022).

Berikut tujuh contoh psikologi trader sukses yang bisa dibangun dalam diri, termasuk saat hendak melakukan trading aset crypto: 

  • Passion

Trading harus dilakukan karena seseorang memang suka, bukan terpaksa. Saat seseorang punya passion dalam trading, individu tersebut bersemangat mengulik semua hal sambil menunggu kapan waktu tepat untuk bertransaksi.

  • Berani

Sebagai pemula wajar kalau masih ikut-ikutan gaya trading si A, B, C, dst. Tetapi, hal ini tidak boleh berlangsung lama. Investor harus berani membangun sistem sendiri yang benar-benar cocok dengan gaya trading-mu.

  • Keyakinan

Saat mengalami kegagalan, sebaiknya tidak terlalu lama berlarut-larut dalam kesedihan. Meratapi nasib akibat merugi cukup sesaat saja. Setelah itu, evaluasi langkah yang sebelumnya dilakukan, sebagai dasar pengambilan langkah yang lebih baik ke depannya.

  • Disiplin

Ketika gagal, sebenarnya bukan berarti sistem yang telah dibangun itu salah. Disiplin menjalani sistem yang ada sambil memantau situasi menunjukkan usahamu bertahan dan bekerja keras.

  • Kerendahan hati

Akui jika memang salah langkah atau ada bagian yang perlu diperbaiki. Mundur sejenak untuk melihat dari sudut pandang berbeda dan belajar dari kesalahan itu.

  • Stamina

Trading sesungguhnya pekerjaan yang penuh tekanan, seperti roller coaster yang bisa membuat otak, tubuh, hingga kondisi mental naik turun. Maka, punya stamina kuat penting agar seseorang tetap bisa fokus dan konsisten setiap melakukan trading.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Investasi kripto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper