Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Kripto Masih Crash? Ini 7 Psikologi Trading Kripto Supaya Tetap Cuan

Fluktuasi harga di pasar kripto akhir-akhir ini membuat jantungan sehingga trader dianjurkan memiliki psikologi trading yang baik.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa

Investasi kripto

  • Profesionalisme

Trading adalah bisnis. Supaya cuan, investor harus ikuti otak dan logika, bukan hati dan emosi semata. Tinggalkan emosi saat trading atau karena emosi dapat menyeret kepada keputusan yang salah.

  • Cara Menjaga Psikologi Trading

Jika seseorang ingin menjadi seorang trader sukses, dia harus menguasai psikologi trading. Sebab tidak ada hal yang bisa mengacaukan trading lebih cepat daripada emosi, seperti rasa takut, rakus, penyesalan, hingga ekspektasi yang terlalu tinggi. Pertanyaannya, bagaimana cara melatih psikologi trading? Simak beberapa caranya di bawah ini!

  • Kosongkan Pikiran

Investor harus fokus membaca berbagai data dengan pergerakan cepat. Oleh karenanya, hindari trading saat sedang banyak pikiran, emosional, atau kelelahan.

  • Visualisasikan Tiap Proses dalam Trading

Ambil waktu dan bayangkan diri mengalami beberapa skenario. Trading bisa membuat impas, menang, atau kalah. Pahami ketiga hal tersebut dan pikirkan apa yang mungkin dirasakan secara psikologis jika berada dalam situasi tersebut.

  • Apa Alasan Trading?

Semakin jelas motivasi trading seseorang, akan semakin kuat juga keinginan belajar trading dengan benar. Anda pun akan semakin siap dengan berbagai kemungkinan skenario saat trading.

  • Buat Jurnal Pribadi

Membuat jurnal trading adalah cara terbaik untuk menelusuri kembali apa saja yang telah dilakukan selama trading. Dengan begitu investor bisa semakin mengenal kelebihan dan kekurangan dirimu sendiri, sekaligus menemukan sendiri gaya trading yang cocok.

Jadi, jangan ragu untuk menuangkan isi kepala saat proses trading berlangsung, baik dalam tulisan, voice note, atau video.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper