Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Axiata (EXCL) Kurangi Saham di Bisnis Data Center, Sisa 30 Persen

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengurangi sahamnya di perusahaan data center PT Princeton Digital Group Data Centres (PDGDC) kepada Princeton Digital Group (Indonesia Alpha) Pte. Limited (PDG).
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 16 Mei 2022  |  17:54 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengurangi sahamnya di anak perusahaan pengelola pusat data atau data center PT Princeton Digital Group Data Centres (PDGDC).

Corporate Secretary XL Axiata Ranty Astari Rachman mengatakan, pada Jumat (13/5/2022), perseroan sepakat untuk mengalihkan 245.362 lembar saham dalam PDGDC kepada Princeton Digital Group (Indonesia Alpha) Pte. Limited (PDG).

"Dengan pengalihan ini, susunan pemegang saham PDGDC adalah XL Axiata 2,01 juta saham dengan nilai Rp201,02 miliar atau 30 persen, PDG 4,69 juta saham dengan nilai Rp469,02 miliar atau 70 persen," kata Ranty dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Senin (16/5/2022).

Jika dijumlahkan, total saham di PDGDC saat ini berjumlah 6,7 miliar saham, dengan nilai Rp670,04 miliar.

Dia melanjutkan, pengalihan saham perseroan di PDGDC kepada PDG merupakan satu kesatuan rangkaian transaksi sejenis sebelumnya dengan PDG dan PDGDC yang telah dilakukan secara bertahap sejak tahun 2019.

Sebelumnya, emiten berkode saham EXCL ini memiliki sejumlah 2,25 miliar saham di PDGDC atau setara dengan 33,662 persen saham.

Pada tahun ini EXCL menyiapkan belanja modal hingga Rp9 triliun, setelah membaca sinyal-sinyal peluang di industri telekomunikasi yang dinilai dapat meningkatkan kinerja perseroan.

Disebutkan EXCL akan terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan untuk mengimbangi trafik penggunaan data yang terus meningkat oleh pelanggan dari tahun ke tahun. Manajemen EXCL telah menetapkan fokus pembangunan jaringan, yaitu meningkatkan kapasitas dan efisiensi guna menghadirkan customer experience yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG excl data center berita saham hari ini
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top