Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Mentereng David Utama, Bos Baru Kimia Farma (KAEF) Kepercayaan Erick Thohir

RUPS Kimia Farma memutuskan David Utama menjabat sebagai Direktur Utama, menggantikan Verdi Budidarmo. David Utama memiliki profil mentereng di industri kesehatan seperti GE Healthcare.
Hafiyyan & Rinaldi M. Azka
Hafiyyan & Rinaldi M. Azka - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  16:30 WIB
Profil Mentereng David Utama, Bos Baru Kimia Farma (KAEF) Kepercayaan Erick Thohir
Paparan publik PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) pada Rabu (29/7 - 2020). Sebelumnya dalam RUPS perseroan memutuskan pergantian jajaran komisaris. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk David Utama menjadi Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Rabu (11/5/2022).

RUPS Kimia Farma memutuskan David Utama menjabat sebagai Direktur Utama, menggantikan Verdi Budidarmo. Lantas, siapakah sosok kepercayaan Erick Thohir tersebut?

 

David Utama, Direktur Utama Kimia Farma berdasarkan RUPS pada Rabu (11/5/2022).

David Utama ternyata memiliki pengalaman panjang di industri kesehatan. Terakhir, David menjadi co-founder Primary Healthcare Venture Asean dan Tigasatu Medika Pratama sejak Januari 2017, hingga beralih ke Kimia Farma. Tigasatu merupakan perusahaan manufaktur kesehatan.

Sebelumnya pada Juli 2010-Desember 2016, David Utama menjabat sebagai Presiden & CEO GE Healthcare Asean. GE HEalthcare merupakan perusahaan teknologi medis dan solusi digital yang memungkinkan dokter membuat keputusan lebih cepat.

David Utama pun pernah menduduki kursi Presiden General Electric di Indonesia pada Oktober 2009-Juni 2010.

Dari sisi pendidikan, David merupakan meraih gelar Master of Science Industrial Engineering dan Bachelor of Science Industrial Engineering dari Texas A&M University.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Kimia Farma Lina Sari mengungkapkan hasil agenda RUPST terjadi perubahan pengurus dengan pergantian Direktur Utama Kimia Farma.

"Hari ini telah sama-sama diketahui ada perubahan kepengurusan, pergantian Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo digantikan oleh David Utama," ungkapnya dalam paparan publik pasca RUPST, Rabu (11/5/2022).

Selain itu, terjadi pergantian nomenklatur dan perampingan jumlah direksi dari 6 orang menjadi 5 orang. Dengan demikian, Direktur Pemasaran dan Komersial Kimia Farma Imam Fathorrahman yang diberhentikan tidak digantikan posisinya.

"Ada perubahaan struktur nomenklatur ada perubahan direktorat marketing, pemasaran, produk development beserta direktorat human capital," katanya.

Adapun, di posisi komisaris, terjadi pergantian Komisaris, Subandi digantikan oleh Juru Bicara Penangangan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Dalam RUPST tersebut juga telah diputuskan perubahan susunan pengurus Perseroan. Susunan dan jabatan Dewan Komisaris dan Direksi Kimia Farma terbaru sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS

Komisaris Utama : Abdul Kadir

Komisaris : Dwi Ary Purnomo

Komisaris : Wiku Adisasmito

Komisaris Independen : Rahmat Hidayat Pulungan

Komisaris Independen : Kamelia Faisal

Komisaris Independen : Musthofa Fauzi

 

DIREKSI

Direktur Utama : David Utama

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Lina Sari

Direktur Pemasaran, Riset & Development : Jasmine Karsono

Direktur Produksi dan Supply Chain : Andi Prazos

Direktur Sumber Daya Manusia : Dharma Syahputra

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN RUPS kimia farma kaef
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top