Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reminder! Hari Ini Cum Date Dividen AVIA, EXCL, dan MTEL

Cum date tiga emiten Avian, XL Axiata, dan Mitratel jatuh pada hari ini.
Bunga Citra Lestari mempromosikan cat Avian besutan PT Avia Avian Tbk./ Istimewa.
Bunga Citra Lestari mempromosikan cat Avian besutan PT Avia Avian Tbk./ Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah emiten bakal membagikan dividen pada periode tahun buku 2021. Adapun, AVIA, EXCL, dan MTEL menjadikan tanggal cum date pada hari ini, Selasa (10/5/2022).

Cum Date atau cum dividen adalah tanggal terakhir untuk seorang investor mendaftarkan diri ke suatu perusahaan untuk mendapatkan dividen dari kepemilikan sahamnya.

Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) telah menyetujui pembagian dividen pemegang saham sebesar Rp522 miliar tahun buku 2021 dalam RUPST. RUPST kembali menyetujui penggunaan 50 persen dari keuntungan setelah penyesuaian untuk dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham.

Total dividen yang akan dibagikan adalah sebesar Rp552 miliar atau setara Rp51 per lembar saham.

Sementara itu, emiten produsen cat, PT Avia Avian Tbk. (AVIA) dalam RUPST telah mendapatkan persetujuan membagikan dividen sebesar Rp1,2 triliun atau Rp20,55 per saham dari laba bersih tahun 2021. Jumlah dividen tunai tersebut, sudah termasuk dividen interim yang telah dibagikan sebelumnya sebesar Rp700 miliar kepada para pemegang saham.

Artinya, dividen yang akan dibagikan pada periode cum date hari ini sebanyak Rp500 miliar atau setara Rp8 per lembar saham.

Sementara itu, emiten menara PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) menyetujui pembagian dividen senilai Rp966,7 miliar dari laba bersih tahun 2021 sebesar Rp1,38 triliun.

Selain untuk dividen, laba bersih perseroan sebanyak 5 persen atau sekitar Rp69 miliar untuk cadangan, dan 25 persen atau Rp345,3 miliar sebagai laba ditahan.

Sebanyak 70 persen atau Rp966,7 miliar sesuai dengan komitmen perusahaan untuk memberikan nilai maksimal bagi para investor, akan dibagikan sebagai dividen tunai ke pemegang saham.

Para pemegang saham yang berhak menerima dividen adalah para pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan atau recording date, per 12 Mei 2022 sampai pukul 16.15 WIB. Dividen Mitratel akan dibayar selambat-lambatnya pada 25 Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper