Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Sisihkan Uang THR untuk Masa Depan, Cek Rekomendasi Zipmex

Bagi yang sudah memulai investasi, dana THR kali ini bisa digunakan untuk memperluas portofolio alias diversifikasi.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 24 April 2022  |  10:45 WIB
Ilustrasi investor yang memantau candlestick pergerakan saham di pasar modal - Freepik.com
Ilustrasi investor yang memantau candlestick pergerakan saham di pasar modal - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Tunjangan Hari Raya (THR) yang sejatinya bertujuan memenuhi kebutuhan pekerja menyambut Lebaran, kini acap kali tidak semata-mata digunakan untuk keperluan hari raya. 

Tidak sedikit pekerja yang kemudian turut memanfaatkan THR untuk kebutuhan masa depan. Tak sedikit pekerja mengelola uang THR-nya sebagian untuk tabungan hingga investasi guna bermanfaat di masa depan.

Platform aset digital atau terkenal sebagai platform jual beli aset kripto, Zipmex turut memberikan tips untuk mengelola uang THR agar tidak habis tanpa jejak pada Lebaran kali ini.

Head of Growth Zipmex Indonesia, Siska Lestari dalam keterangan resmi menyampaikan bahwa berada dalam situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, menggunakan THR untuk berinvestasi bisa menjadi langkah yang bijak untuk dilakukan.

“Beberapa hari menjelang hari raya banyak orang yang menghabiskan uang THR untuk membeli hal-hal yang sifatnya konsumtif. Sebaiknya uang THR tersebut digunakan untuk membayar hutang, menabung, membayar zakat, dana darurat, membeli kebutuhan lain untuk hari raya, dan 10 persen - 20 persen dari uang THR dapat dialokasikan untuk berinvestasi,” ungkap Siska dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (24/4/2022).

Agar menghindari risiko penipuan, dia mengingatkan para investor untuk memastikan platform yang digunakan telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Berikut lima tips yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan THR sebagai tabungan masa depan ala Zipmex:

1. Niatkan tekad untuk menabung

Selain berguna di masa depan, menabung sekecil apapun akan berarti untuk membentuk kebiasaan baik di masa depan. Zipmex menyampaikan menabung juga dapat mencegah Anda berperilaku konsumtif dengan membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

2. Alokasikan sebagian untuk dana darurat

Dewasa ini, dana darurat menjadi salah satu bagian dalam perencanaan keuangan yang wajib dimiliki karena dapat mencegah Anda memiliki hutang, menutupi biaya mendesak, bahkan bisa digunakan sebagai dana masa depan.

3. Sisihkan untuk memenuhi kebutuhan asuransi

Memiliki asuransi saat ini juga bisa dikategorikan sebagai menabung karena dapat berguna untuk keadaan-keadaan mendesak di luar ekspektasi dan tidak diinginkan seperti kecelakaan, kematian, dan lainnya.

4. Menyiapkan dana pensiun sedikit demi sedikit

Menyiapkan dana pensiun dari dini hari, sedikit demi sedikit bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa tua.

5. Perluas portofolio investasi Anda

Bagi yang sudah memulai investasi, dana THR kali ini bisa digunakan untuk memperluas portofolio alias diversifikasi, mengingat banyaknya pilihan investasi pada saat ini mulai dari emas, reksa dana, saham, hingga kripto.

Sebagai salah satu platform jual beli aset kripto, Siska mengungkapkan salah satu yang perlu dilakukan ketika berinvestasi di aset kripto maupun instrumen lainnya yaitu melakukan analisis yang baik terhadap instrumen investasi.

Mulai dari analisa pasar kripto, cara kerjanya, jenis aset kripto, bahkan fitur, produk, hingga layanan menarik yang ditawarkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham emas Mudik Lebaran tunjangan hari raya tips investasi aset kripto
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top