Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rekomendasi Saham Sebelum Cuti Bersama Lebaran 2022 Buat Investor

Jelang libur lebaran pekan depan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menghadapi beberapa sentiment. Berikut rekomendasi saham yang menarik bari investor.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 16 April 2022  |  08:01 WIB
Pengunjung beraktivitas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung beraktivitas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Jelang libur lebaran pekan depan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menghadapi beberapa sentiment. Berikut rekomendasi saham yang menarik bari investor.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), IHSG dalam sepekan ini ditutup tumbuh 0,34 persen di level 7.235,53. Selama seminggu, indeks terpantau bergerak dalam rentang 7.266,40 - 7.335,30.

Tercatat volume perdagangan saham pekan ini sebanyak 124,01 miliar dengan nilai sebesar Rp70,50 triliun. Bursa pun mencatatkan kapitalisasi pasar saham per Kamis (14/4/2022) sebanyak Rp9.405,32 triliun.

Indeks IDX Sektor Transportasi mencatatkan pertumbuhan paling tinggi selama sepekan dengan tumbuh sebesar 4,37 persen. Kemudian diikuti dengan pertumbuhan indeks IDX Sektor Kesehatan dan Teknologi dengan masing-masing tumbuh sebesar 3,14 persen dan 2,14 persen.

Di sisi lain, kinerja negatif dicatatkan oleh indeks IDX Sektor Barang Baku dengan turun sebesar 3,04 persen. Selanjutnya IDX Sektor Barang Konsumen Primer, Keuangan, dan Properti juga turun turun masing-masing sebesar 1,42 persen, 1,31 persen, dan 1,24 persen.

Sementara itu, Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Roger M.M. mengungkapkan pada pekan depan sektor yang menarik pada pekan depan masih seputar komoditas dan IHSG akan bergerak konsolidasi.

 “IHSG akan bergerak konsolidasi dengan range 7.191 - 7.298,” ungkap Roger kepada Bisnis, Kamis (14/4/2022).

Roger pun menyampaikan pergerakan IHSG akan dipengaruhi oleh sentimen global maupun domestik. Dari sisi sentimen global, menurutnya indeks akan dipengaruhi oleh dinamika konflik Rusia-Ukraina. Ditambah lagi dengan meningkatnya kasus Covid-19 di China.

Adapun sentimen domestik yang akan mempengaruhi pergerakan indeks di minggu depan ungkapnya adalah kinerja laporan keuangan emiten baik secara tahunan di 2021 maupun di kuartal I/2022.

Merujuk sentimen yang ada, Roger menyampaikan sektor yang menarik untuk perdagangan selanjutnya adalah masih seputar komoditi yaitu batu bara, logam dan crude palm oil (CPO) alias minyak sawit. Selain itu, sektor ritel ungkapnya turut menarik.

Mirae Asset Sekuritas ujar Roger merekomendasikan untuk membeli saham ADRO ITMG LSIP LPPF MAPI serta MNCN.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG bei komoditas rekomendasi saham
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top