Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bidik Marketing Sales Terbesar di Indonesia pada 2022, Cek Rekomendasi Saham Ciputra (CTRA)

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) mengincar marketing sales tumbuh 10 persen pada 2022 menjadi Rp8,2 triliun pada 2022, tertinggi di antara emiten properti lainnya.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  14:27 WIB
Direktur Utama PT Ciputra Development Tbk Candra Ciputra (dari kiri), didampingi Direktur Budiarsa Sastrawinata, dan Direktur M. I. Meiko Handoyo memberikan keterangan pers, usai RUPS, di Jakarta, Rabu (26/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Direktur Utama PT Ciputra Development Tbk Candra Ciputra (dari kiri), didampingi Direktur Budiarsa Sastrawinata, dan Direktur M. I. Meiko Handoyo memberikan keterangan pers, usai RUPS, di Jakarta, Rabu (26/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menargetkan kenaikan nilai prapenjualan atau marketing sales 2022 sebesar 10 persen menjadi sekitar Rp8,2 triliun. Target ini lebih tinggi daripada target emiten properti lainnya seperti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) yang membidik prapenjualan 2022 sebesar Rp7,7 triliun.

Target CTRA juga lebih tinggi dari estimasi yang sebelumnya disampaikan oleh sejumlah analis. Meski demikian, tingkat suku bunga yang tergolong rendah dan agresivitas sektor perbankan menyalurkan kredit bakal menjadi pendorong penjualan.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Victor Stefano dalam risetnya mengemukakan bahwa CTRA sebelumnya menargetkan kenaikan penjualan sebesar 5 persen menjadi Rp7,8 triliun.

“Perusahaan meyakini bahwa tingkat suku bunga KPR yang rendah bisa mengimbangi risiko penurunan marketing sales akibat berkurangnya subsidi PPN tahun ini,” kata Victor dikutip Selasa (29/3/2022).

Ciputra Development setidaknya telah meluncurkan 2 proyek baru di Medan, Sumatra Utara. Salah satu proyek menyasar segmen middle-lower dengan harga unit di kisaran Rp400 juta sampai Rp1,2 miliar, sementara proyek lainnya akan berlokasi dekat dengan pusat kota dengan harga unit di kisaran Rp1,4 miliar sampai Rp3,8 miliar.

Victor menyebutkan bahwa CTRA belum melihat dampak kenaikan harga komoditas pada marketing sales. Kenaikan harga komoditas dipandang menghadirkan dampak positif, alih-alih menjadi faktor penentu pertumbuhan penjualan tahun ini.

Kenaikan biaya konstruksi juga diperkirakan tidak berdampak pada margin. Hanya sebagian barang kebutuhan konstruksi yang mengalami kenaikan harga, seperti baja yang menyumbang 20 persen dari total biaya. Oleh sebab itu, CTRA meyakini harga yang lebih tinggi dapat diteruskan ke konsumen.

“Mempertimbangkan faktor di atas, kami mempertahankan rekomendasi buy dengan target harga Rp1.550 dari target sebelumnya Rp1.600 karena kami memperbarui diskon rata-rata 5 tahun RNAV,” kata Victor.

Analis CGS CIMB Sekuritas Aurelia Barus dan Halima Y. Syahputri memperkirakan Medan dan Surabaya akan menjadi pendorong prapenjualan Ciputra Development tahun ini.

Meski wilayah Jabodetabek tetap menjadi kontributor utama, tetapi pangsanya diperkirakan turun menjadi 30 persen pada 2022 menjadi Rp2,3 triliun. CGS CIMB mencatat kontribusi pendapatan dari Jabodetabek pada 2021 menyumbang 33 persen dari total prapenjualan 2021 sebesar Rp7,4 triliun.

“CTRA memperkirakan permintaan dari kawasan Surabaya akan pulih pada 2022 setelah sempat terkoreksi dari sisi prapenjualan pada 2021 akibat Covid-19,” kata Aurelia dan Halima.

Dengan prospek prapenjualan yang lebih baik ,CGS CIMB mempertahankan rekomendasi saham Ciputra di posisi buy dengan target harga Rp1.600. Penanganan Covid-19 akan menjadi katalis dan memengaruhi marketing sales.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra rekomendasi saham ciputra development ciputra group
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top