Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Generasi Milenial Kuasai Pasar Investasi Reksa Dana hingga 81 Persen

Pasar reksa dana didominasi oleh generasi milenial kisaran usia di bawah 30 tahun sampai 40 tahun dengan jumlah 81,02 persen.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  16:02 WIB
Generasi Milenial Kuasai Pasar Investasi Reksa Dana hingga 81 Persen
Industri reksa dana mendapatkan tantangan untuk mengejar target menggandakan investor di kala terpaan sentimen yang membuat 13 manajer investasi tersangkut kasus Jiwasraya. (Bisnis - Himawan L Nugraha)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat generasi milenial sebagai akseleran investasi reksa dana.

Tercatat pasar reksa dana didominasi oleh generasi milenial kisaran usia di bawah 30 tahun sampai 40 tahun dengan jumlah 81,02 persen.

Co-Founder Pluang (PT Bumi Santosa Cemerlang), Claudia Kolonas mengatakan, pertumbuhan jumlah investor reksa dana yang tergolong pesat menjadi pertanda baik bagi perekonomian bangsa.

“Adanya pertumbuhan investor ini sejalan dengan peningkatan keseluruhan jumlah transaksi pengguna Pluang dari Januari 2020 hingga Desember 2021 yang mencapai 33 kali lipat,” ujar Claudia dalam keterangan resmi, (28/3/2022).

Berdasarkan data KSEI, jumlah investor reksa dana mencatatkan jumlah pertumbuhan paling tinggi, yakni meningkat 89,08 persen year-to-date (ytd) dibandingkan dengan pertumbuhan investor saham maupun investor surat berharga negara (SBN).

Per 19 Oktober 2021, jumlah investor reksa dana tercatat sebanyak 6 juta, dengan total nilai aset Rp799,26 triliun.

Sementara itu, jumlah investor pasar modal mencapai 7,48 juta pada periode yang sama, meningkat sebesar 92,99 persen dari periode 2020.

Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan jumlah investor pasar modal mencapai lebih dari 10 juta di tahun 2022 ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ksei reksa dana investasi reksa dana generasi milenial
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top