Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PPN 11 Persen, Begini Dampaknya ke Blue Bird (BIRD)

Blue Bird (BIRD) mengharapkan adanya standar yang sama bagi para pelaku transportasi umum, apalagi dengan adanya roda dua yang membawa penumpang.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  20:58 WIB
Taksi Blue Bird.  - Antara
Taksi Blue Bird. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten transportasi, PT Blue Bird Tbk. (BIRD) mengharapkan kejelasan pemberlakukan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11 persen bagi angkutan umum. Jika diberlakukan dia ingin seluruh pemain diperlakukan sama.

Presiden Direktur Blue Bird Sigit Djokosoetono menjelaskan aturan PPN yang baru masih akan mengikuti ketentuan pemerintah.

"Apabila ada pajak pertambahan nilai untuk dibayarkan perusahaan, hanya transportasi umum sangat bergantung pada tarif. Apabila PPN berlaku, kami perlu atur siasat perusahaan tetap beroperasi dengan biaya dan tarif optimal," urainya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi V DPR, Senin (28/3/2022).

Menurutnya, pemberlakukan PPN bagi transportasi umum paling mudah teruskan langsung bebannya kepada pengguna. Namun, dampaknya tarif angkutan umum dapat naik 11 persen.

"Efeknya memang kepada penumpang atau ada kebijakan lain. Kami menunggu kebijakan pemerintah, kami berpendapat bisa mendapatkan keringanan. Apabila terjadi butuh transisi karena sekarang plat kuning tidak ada PPN-nya," paparnya.

Emiten berkode BIRD ini juga mengaku siap beradaptasi dengan perubahan industri transportasi umum saat ini dengan kehadiran ride hailing seperti Gojek, Grab, dan Maxim. Akan tetapi, BIRD mengharapkan level permainan yang sama atau equal playing field.

Misalnya, pengemudi harus memiliki SIM A Umum menjadi standar minimum dan bisa ditentukan bersama, karena standar pengemudi taksi itu SIM umum yang seharusnya dapat diberlakukan sama.

BIRD juga mengharapkan adanya standar yang sama bagi para pelaku transportasi umum, apalagi dengan adanya roda dua yang membawa penumpang. Perlu ada pihak utama yang ditunjuk menentukan standar yang sama bagi berbagai jenis transportasi door to door ini. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korporasi ppn Blue Bird emiten transportasi
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top