Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merdeka Copper Gold (MDKA) Tambah Saham di 2 Perusahaan

Merdeka Copper telah menyelesaikan perjanjian atas pengambilalihan saham bersyarat pada 28 Desember 2021 lalu pada PT Andalan Bersama Investama (ABI) pada Jumat (4/3/2022).
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 06 Maret 2022  |  11:53 WIB
Merdeka Copper Gold - saratoga/investama.com
Merdeka Copper Gold - saratoga/investama.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Merdeka Copper Gold Tbk. menyampaikan bahwa perseroan menambah kepemilikan sahamnya di dua perusahaan yaitu PT Andalan Bersama Investama dan PT Pani Bersama Jaya.

Mengutip keterbukaan informasi, emiten bersandi MDKA tersebut telah menyelesaikan perjanjian atas pengambilalihan saham bersyarat pada 28 Desember 2021 lalu pada PT Andalan Bersama Investama (ABI) pada Jumat (4/3/2022).

Perseroan mengumumkan bahwa seluruh persyaratan dan kondisi yang diperlukan untuk penyelesaian pengambilalihan saham tersebut telah terpenuhi, dengan demikian perseroan telah efektif menjadi pemegang saham ABI.

“Oleh karenanya, Perseroan telah efektif menjadi pemegang saham PT Andalan Bersama Investama dengan kepemilikan sebesar 50,1 persen dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor dari ABI,” tulis Adi Adriansyah Sjoekri selaku Sekretaris Perusahaan Merdeka Copper Gold, dikutip Minggu (6/3/2022).

Pada akhir Desember 2021 lalu disampaikan bahwa perseroan telah menandatangani suatu perjanjian pengambilalihan saham bersyarat untuk mengambil bagian atas saham-saham baru yang akan diterbitkan oleh ABI dengan harga sekitar Rp1,14 triliun atau setara US$80,16 juta.

Transaksi yang dilakukan merupakan suatu transaksi afiliasi, di mana ABI merupakan afiliasi dari salah satu pengendali perseroan yaitu PT Provident Capital Indonesia.

Di mana Provident Capital Indonesia memiliki kepemilikan saham secara tidak langsung di Perseroan melalui PT Mitra Daya Mustika dan PT Suwarna Arta Mandiri.

Sementara itu, MDKA pada pengumuman lainnya menyampaikan bahwa perseroan melakukan pembelian atas sebagian saham yang dimiliki oleh Lion Selection Asia Limited (LSA) pada PT Pani Bersama Jaya.

“Bersama ini kami sampaikan bahwa Perseroan dan LSA telah menandatangani Akta Pengalihan Saham pada tanggal 1 Maret 2022,” tulis Adi dalam keterbukaan informasi.

Perseroan diketahui telah sepakat untuk membeli 10.008 lembar saham yang dimiliki oleh LSA dengan nilai transaksi sebesar US$26 juta atau setara Rp371,80 miliar (dengan asumsi nilai tukar Rp14.300 per dolar AS).

Dengan demikian, kepemilikan Merdeka Copper terhadap Pani Bersama Jaya menjadi sebanyak 50.103 lembar saham atau setara dengan 83,35 persen. Sebelum transaksi ini, perseroan tercatat memiliki 66,70 persen saham Pani Bersama Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kepemilikan saham merdeka copper
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top