Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waktu Karantina Dipersingkat, PANR Yakin Kinerja Terdongkrak

Keputusan pemerintah mengurangi waktu karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri baik WNI dan WNA dari 5 hari menjadi 3 hari merupakan indikator penanganan varian omicron yang baik di Indonesia. Ini menjadi sentimen positif bagi PT Panorama Sentrawisata Tbk. (PANR).
Kawasan di kaki Gunung Rinjani/Istimewa
Kawasan di kaki Gunung Rinjani/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pariwisata, PT Panorama Sentrawisata Tbk. (PANR) menyambut baik pengurangan waktu masa karantina pelaku perjalanan luar negeri baik bagi WNA dan WNI.

Corporate Secretary Panorama Sentrawisata AB Sadewa menilai keputusan pemerintah mengurangi waktu karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri baik WNI dan WNA dari 5 hari menjadi 3 hari merupakan indikator penanganan varian omicron yang baik di Indonesia.

Adapun pengurangan waktu karantina ini hanya bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin booster.

“Dengan dikeluarkannya peraturan ini, kami melihat arah pemulihan lebih jelas bagi bisnis pariwisata. Situasi seperti ini kami alami saat varian omicron belum merebak atau di kuartal 4 tahun 2021, saat itu terjadi peningkatan perjalanan serta group tour ke berbagai destinasi. Antusiasme pasar sangat tinggi," urainya, Selasa (15/2/2022).

Sektor pariwisata sangat bergantung pada pergerakan masyarakat baik secara nasional maupun internasional, dengan pelonggaran pembatasan perjalanan selama dua tahun ini tentunya menjadi tekanan bagi sektor pariwisata.

Tentunya penting semua pihak mendorong agar masyarakat segera melakukan vaksin booster agar pandemi ini dapat berakhir di tahun 2022.

Booking season untuk libur lebaran bulan Mei nanti sudah dimulai dan akan disusul liburan sekolah di pertengahan tahun nanti, kami berharap adanya peningkatan permintaan di kedua periode ini," katanya.

Dia mengharapkan regulasi ini akan menjadi momentum bagi perseroan untuk mengejar pemulihan menuju kinerja pre-pandemi.

"Ini merupakan angin segar di awal tahun 2022 bagi perseroan dan juga industri pariwisata secara umum," katanya.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan saat konferensi pers virtual (14/2/2022) bahwa warga tak perlu khawatir berlebihan.

Dia mengatakan orang-orang yang sudah divaksinasi Covid-19 secara lengkap dan tidak punya penyakit bawaan tetap dapat bepergian.

“Kalau memang dia sudah divaksin, sudah dua kali, sudah booster, tidak ada komorbid, ya, jalan-jalan saja. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan” ungkap Luhut.

Pemerintah akan terus memonitor situasi Covid-19 dan bila segala hal terkontrol maka karantina dapat sepenuhnya dihapus bagi PPLN baik WNI dan WNA pada April nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper