Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MIND ID Jajaki Akuisisi Tambang Potash di Luar Negeri, Simak Alasannya

Selain mencari peluang di luar negeri, MIND ID bekerja sama dengan PT Pupuk Indonesia (Persero) (PIHC) perihal jual beli (offtake) potash sebagai salah satu bahan baku utama produksi pupuk.
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID./mind.id
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID./mind.id

Bisnis.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia bekerja sama dengan PT Pupuk Indonesia (Persero) (PIHC) perihal jual beli (offtake) potash sebagai salah satu bahan baku utama produksi pupuk.

Industri pupuk nasional mendukung Indonesia sebagai negara agraris, menghasilkan dan mengekspor berbagai jenis hasil pertanian. Untuk memproduksi pupuk, Indonesia mengimpor potash sekitar dua hingga tiga juta ton tiap tahun.

Di sisi lain, PIHC mengimpor hampir 1 juta ton potash tiap tahun. Impor ini diperlukan karena Indonesia tidak memiliki sumber daya potash. Untuk itu MIND ID mencari potensi dan peluang untuk mengakusisi saham tambang potash di luar negeri.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan inisiatif ini merupakan salah satu proyek strategis SDU 88 yang menjadi fokus Kementerian BUMN.

"Dengan 95 persen bahan olahan potash digunakan untuk industri pupuk menunjukkan masih besarnya kebutuhan potash dalam negeri. Inisiatif inorganik go global ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Kementerian BUMN juga mendorong aspek keberlanjutan dari kerjasama ini,” paparnya, dikutip Rabu (2/2/2022).

Direktur Pengembangan MIND ID Dilo Seno Widagdo mengatakan MIND ID senantiasa membuka peluang untuk melakukan aliansi strategis yang mendorong hilirisasi.

"Perusahaan berkomitmen menjalin kemitraan strategis dengan entitas yang berpengalaman dalam industri terkait, khususnya potash untuk mendukung industri pupuk dan memperkuat ketahanan pangan nasional,” paparnya.

Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia Holding Company Nugroho Christijanto menyakini kerjasama ini akan memberikan jaminan pasokan bahan baku bagi pabrik-pabrik NPK di masa mendatang, baik itu pabrik yang sudah ada maupun pabrik baru.

"Adanya jaminan pasokan dan harga yang kompetitif ini, akan berdampak besar terhadap pasokan pupuk domestik dalam rangka ketahanan pangan nasional serta menjaga daya beli petani Indonesia," katanya.

Pupuk Indonesia tengah menjalankan program transformasi bisnis salah satu pilarnya yakni feedstock security and optimization, atau adanya jaminan dan optimalisasi bahan baku, baik itu bahan baku gas maupun non gas.

Melalui inisiatif kerjasama strategis ini, diharapkan Indonesia dapat memiliki kepastian sumber pasokan potash secara jangka panjang yang akan memperkuat industri pupuk sehingga mendukung ketahanan pangan nasional.

Kerjasama strategis ini juga merupakan perwujudan mandat Pemerintah kepada MIND ID yakni mengelola sumber daya strategis dan menjadi perusahaan kelas dunia. Peluang akuisisi saham tambang potash luar negeri akan meningkatkan portofolio perusahaan secara global.

Nota kesepahaman (MoU) ditandatangani oleh Direktur Pengembangan MIND ID, Dilo Seno Widagdo dengan Direktur Produksi PIHC, Bob Indiarto disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury di Jakarta, 31 Januari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper