Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

The Fed Kurang Hawkish, Rupiah Masih Menguat ke Rp14.301

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.301 naik 2,5 poin atau 0,02 persen.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  09:26 WIB
Karyawan menghitung mata uang rupiah di salah satu cabang MNC Bank, Jakarta. Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan menghitung mata uang rupiah di salah satu cabang MNC Bank, Jakarta. Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dibuka menguat pada awal perdagangan hari ini, Rabu (11/1/2022). Rupiah menguat 0,02 persen terhadap dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg di pasar spot, per pukul 09.05 WIB, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 14.301 naik 2,5 poin atau 0,02 persen dari level penutupan sebelumnya yakni 14.304.

Di sisi lain, indeks spot dolar AS terpantau melemah di level 95,60. Pada awal perdagangan indeks tersebut turun 0,02 poin atau 0,02 persen.

Direktur MMC Asset Management Edwin Sebayang mengatakan rupiah hari ini akan bergerak pada rentang Rp14.250 sampai dengan Rp14.380.

Sebelumnya, Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan pergerakan dolar AS masih dipengaruhi oleh ekspektasi pasar mengenai kenaikan suku bunga oleh Bank Sentral AS (Federal Reserve) tahun ini.

“Investor sekarang menunggu data inflasi, termasuk indeks harga konsumen, yang akan dirilis akhir pekan ini. Sementara itu, China juga akan merilis indeks harga konsumen dan produsen pada hari Rabu,” tulis Ibrahim dalam riset.

Selain menanti data-data makro ekonomi, Ibrahim mengingatkan bahwa pembicaraan AS-Rusia mengenai kenaikan ketengahangan di Ukraina juga diperhatikan oleh investor.

Pasalnya, kedua belah pihak tampak berjauhan dan perbedaan pendapat dapat berisiko menimbulkan konfrontasi bersenjata di Eropa.

Sementara itu, pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell semalam dinilai kurang hawkish seperti perkiraan pasar. Hal itu membuat dolar AS melemah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gonjang Ganjing Rupiah dolar as Rupiah federal reserve
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top