Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Lo Kheng Hong dan Jos Parengkuan Justru Tak Diversifikasi Saham, Ini Alasannya

Lo Kheng Hong dan Jos Parengkuan mengaku tidak melakukan diversifikasi, ketika sudah mengetahui fundamental dan kinerja perusahaan yang sahamnya mereka miliki.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 27 Desember 2021  |  06:16 WIB
Lo Kheng Hong dan Jos Parengkuan Justru Tak Diversifikasi Saham, Ini Alasannya
Layar menampilkan Investor senior Lo Kheng Hong memberikan pemaparan dalam Bisnis Indonesia Business Challenges 2022 di Jakarta, Rabu (15/12/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam dunia investasi, pasti sudah mengenal pepatah “don’t put your eggs in one basket” atau jangan taruh semua telurmu di satu keranjang yang sama. Nyatanya, dua legenda investasi yang sukses di pasar saham malah tidak melakukan hal itu, lho.

Lo Kheng Hong dan Jos Parengkuan mengaku tidak melakukan diversifikasi, ketika sudah mengetahui fundamental dan kinerja perusahaan yang sahamnya mereka miliki.

“Kalau jadi private investor jangan diversifikasi. Kalau tidak ngerti jangan investasi sekalian. Kalau ngerti nggak terlalu perlu diversifikasi. Kalau memang mau belilah reksa dana,” kata Jos dalam podcast Syailendra Capital, Sabtu (25/12/2021).

Dia mengungkap, empat saham pertamanya sudah 90 persen sendiri dari total investasi yang dia lakukan.

“Jadi investasi saya sangat concentrated, karena saya yakin dan mengerti. Kalau nggak ngerti ya jangan beli, mending kita percayakan ke manager investasi,” ujarnya.

Senada, Lo Kheng Hong mengatakan bahwa sebetulnya diversifikasi dilakukan untuk melindungi ketidaktahuan kita.

“Kalau tidak tahu ya harus diversifikasi. Itu diajarkan di universitas ternama, pakar-pakar ekonomi. Tapi sebetulnya untuk melindungi ketidaktahuan kita. Orang yang tahu membuat dia tidak bisa diversifikasi dan supaya bisa tahu harus banyak riset,” ujarnya.

Kheng Hong mengatakan kunci suksesnya menjadi investor full time di pasar modal adalah dengan membaca laporan keuangan perusahaan.

“Enggak ada cara lain,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diversifikasi investasi saham lo kheng hong jos parengkuan
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top