Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Berkelanjutan, Danone Indonesia Dukung Program Nasional

Danone Indonesia turut berkontribusi menerapkan program pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan.
Logo Danone/ Bloomberg
Logo Danone/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Danone Indonesia siap berkomitmen mewujudkan bisnis perusahaan yang seimbang dengan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Komitmen Danone Indonesia terlihat saat menerapkan praktik bisnis berkelanjutan serta Good Corporate Governance (GCG) dengan memberikan transparansi dari setiap aspek operasionalnya.

Dikutip melalui Laporan Keberlanjutannya pada Minggu (26/12/2021), Danone Indonesia memaparkan visi, strategi, hingga capaian kinerja keberlanjutannya selama dua tahun terakhir, salah satunya dengan memiliki dua lini usahanya yaitu Danone Waters (Danone-AQUA) dan Danone Specialized Nutrition (Danone SN).

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menjelaskan, Danone Waters (Danone-AQUA) berfokus pada layanan terkait air dan pentingnya hidrasi sehat.

Sementara Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia mencakup produk nutrisi untuk ibu dan anak yang mendukung terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat.

“Kami percaya, makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat pula. Ini merupakan refleksi dari misi dan visi besar Danone Indonesia sekaligus wujud kontribusi dan komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah Indonesia mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” katanya melalui rilisnya, Minggu (26/12/2021).

Vera melanjutkan, agenda SDGs tidak hanya merupakan komitmen global yang dijalankan semua negara, tetapi menjadi panduan bagi Indonesia dalam menerapkan program pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

Perusahaan meyakini bahwa tujuan jangka panjang penting untuk selaras dengan 17 tujuan besar di dalam SDGs yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia hingga 2030 dan terintegrasikan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional di tahun 2020- 2024.

“Untuk mencapai SDGs dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak, termasuk sektor swasta dan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia memerinci hingga 2020 Danone-AQUA telah menanamkan 2,4 juta pohon, mencapai target 1,15 water ratio, mengurangi 14,77 persen penggunaan energi total dibandingkan 2019.

Selain itu, perusahaan juga menghemat energi hingga total 149.713 Giga Joule, dan berhasil melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca sebanyak 157.597 Ton Co2 Eq selama periode 2019-2020.

“Seluruh pabrik Danone-AQUA juga telah tersertifikasi Food Safety System Certification (FSSC), 92 persen telah menggunakan pemasok lokal, dan mencatat nol insiden terkait dengan ketidakpatuhan informasi serta pelabelan produk dan jasa,” katanya.

Dia melanjutkan, hingga akhir 2020 Danone-AQUA juga mencatat 363.000 penerima manfaat program WASH di 34 kabupaten/kota di Indonesia, lebih dari 500 pelaku UMKM menerima manfaat program DAMPING, 318 lahan pertanian berkelanjutan di 18 lokasi, serta 8.000 Ibu Rumah Tangga menjadi bagian dari program AQUA Home Service.

Selain itu, Untuk mendukung dari segi inovasi, Danone SN Indonesia meresmikan Danone Nutricia Research Sarihusada R&I Center, sebuah pusat penelitian bertaraf internasional di Yogyakarta.

Dalam hal pencegahan stunting, program ‘Aksi Cegah Stunting’ juga terus digalakkan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendorong replikasi program ini di daerah lainnya.

Program edukasi lain yang juga terus didorong antara lain, Program ‘Isi Piringku’, peluncuran edukasi gizi untuk remaja dalam program GESID (Generasi Sehat Indonesia), Duta 1000 Pelangi, Warung Anak Sehat, dan Bunda Mengajar.

Selain di bidang kesehatan, Danone SN Indonesia juga aktif menjaga lingkungan dengan membangun 2 lokasi taman keanekaragaman hayati dengan luas total 24 hektar dan pengoptimalan sumber daya di seluruh kegiatan produksi.

Vera menyampaikan, laporan Keberlanjutan merupakan manifestasi bagi Danone Indonesia untuk terus berinovasi dan memegang teguh peran penting perusahaan sebagai force for good, atau kekuatan untuk melakukan kebaikan bagi lingkungan serta masyarakat dimanapun berada.

“Dengan peluncuran Laporan Keberlanjutan ini, diharapkan dapat memberikan informasi secara transparan kepada para pemangku kepentingan tentang sejauh mana pencapaian inisiatif keberlanjutan tersebut serta dampaknya di seluruh rantai bisnis Danone Indonesia,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper