Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siam Commercial Bank dan Traveloka Bubarkan JV Fintech di Thailand

Pada 20 Desember 2021, TREX Ventures Co., Ltd. telah menyelesaikan pendaftaran pembubaran usaha pada Departemen Pengembangan Usaha, Kementerian Perdagangan Thailand.
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis/Dedi Gunawan
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Siam Commercial Bank Pcl Ltd atau SCB menyatakan pembubaran perusahaan patungan (joint venture/JV) yang dibentuk bersama Traveloka, TREX Ventures.

President Siam Commercial Bank Pcl Ltd Arak Sutivong menjelaskan, pada 20 Desember 2021, TREX Ventures Co., Ltd. telah menyelesaikan pendaftaran pembubaran usaha pada Departemen Pengembangan Usaha, Kementerian Perdagangan Thailand.

“Hal ini berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa dan [TREX Ventures] sedang dalam proses likuidasi,” kata dia dalam keterangan resmi di Bursa Efek Thailand, dikutip Rabu (22/12/2021).

Sebagai informasi, SCB melalui anak usahanya SCB 10X mengendalikan 51 persen dari modal disetor TREX Ventures, sementara Traveloka melalui Godwit Rock Pte. Ltd. memegang 49 persen saham.

Semula, JV ini dibentuk pada Maret 2021 dalam rangka pengembangan bisnis layanan keuangan digital. Ketika didirikan, TREX Ventures difokuskan memanfaatkan jaringan luas SCB dan keahlian digital Traveloka untuk menawarkan produk keuangan inovatif di Thailand.

Saat itu, SCB 10X menilai kerja sama dengan Traveloka merupakan kesempatan yang baik, lantaran aplikasi Traveloka telah digunakan oleh sekitar 40 juta pengguna. Selain itu, Traveloka dinilai sebagai aplikasi dengan data analitik yang kuat. Adapun SCB sebagai bank terbesar ketiga secara aset di Thailand telah memiliki basis pelanggan lebih dari 16 juta orang.

Bagi Traveloka, pembentukan JV ini sebenarnya upaya melebarkan sayap bisnis fintech di Thailand. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui rencana Traveloka di Thailand ke depan.

Pada layanan keuangan digital, Traveloka sempat tercatat menjadi pionir dalam fitur 'beli sekarang bayar nanti'. Kemudian, perseroan menciptakan inovasi lainnya, yakni Paylater Credit Card. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper