Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siam Commercial Bank dan Traveloka Bubarkan JV Fintech di Thailand

Pada 20 Desember 2021, TREX Ventures Co., Ltd. telah menyelesaikan pendaftaran pembubaran usaha pada Departemen Pengembangan Usaha, Kementerian Perdagangan Thailand.
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com 22 Desember 2021  |  12:14 WIB
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Siam Commercial Bank Pcl Ltd atau SCB menyatakan pembubaran perusahaan patungan (joint venture/JV) yang dibentuk bersama Traveloka, TREX Ventures.

President Siam Commercial Bank Pcl Ltd Arak Sutivong menjelaskan, pada 20 Desember 2021, TREX Ventures Co., Ltd. telah menyelesaikan pendaftaran pembubaran usaha pada Departemen Pengembangan Usaha, Kementerian Perdagangan Thailand.

“Hal ini berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa dan [TREX Ventures] sedang dalam proses likuidasi,” kata dia dalam keterangan resmi di Bursa Efek Thailand, dikutip Rabu (22/12/2021).

Sebagai informasi, SCB melalui anak usahanya SCB 10X mengendalikan 51 persen dari modal disetor TREX Ventures, sementara Traveloka melalui Godwit Rock Pte. Ltd. memegang 49 persen saham.

Semula, JV ini dibentuk pada Maret 2021 dalam rangka pengembangan bisnis layanan keuangan digital. Ketika didirikan, TREX Ventures difokuskan memanfaatkan jaringan luas SCB dan keahlian digital Traveloka untuk menawarkan produk keuangan inovatif di Thailand.

Saat itu, SCB 10X menilai kerja sama dengan Traveloka merupakan kesempatan yang baik, lantaran aplikasi Traveloka telah digunakan oleh sekitar 40 juta pengguna. Selain itu, Traveloka dinilai sebagai aplikasi dengan data analitik yang kuat. Adapun SCB sebagai bank terbesar ketiga secara aset di Thailand telah memiliki basis pelanggan lebih dari 16 juta orang.

Bagi Traveloka, pembentukan JV ini sebenarnya upaya melebarkan sayap bisnis fintech di Thailand. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui rencana Traveloka di Thailand ke depan.

Pada layanan keuangan digital, Traveloka sempat tercatat menjadi pionir dalam fitur 'beli sekarang bayar nanti'. Kemudian, perseroan menciptakan inovasi lainnya, yakni Paylater Credit Card. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand perusahaan patungan Traveloka fintech
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top