Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indosat (ISAT) Luncurkan 5G di Balikpapan, Dukung Ibu Kota Negara Baru

Teknologi 5G Indosat diharapkan akan mempercepat transformasi digital di Kalimantan, terutama untuk mendukung persiapan Ibu Kota Negara baru, Penajam Paser Utara, yang terletak di dekat Balikpapan.
Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada Selasa (22/6/2021)./ Indosat.
Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada Selasa (22/6/2021)./ Indosat.

Bisnis.com, BALIKPAPAN – PT Indosat Tbk. (ISAT) resmi meluncurkan layanan komersial 5G di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (16/12/2021), sekaligus mendukung persiapan Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan bahwa dirinya sangat bangga dapat meluncurkan layanan komersial 5G Indosat Ooredoo di Balikpapan dalam melanjutkan revolusi 5G di seluruh negeri.

Teknologi 5G ini diharapkan akan mempercepat transformasi digital di Kalimantan, terutama untuk mendukung persiapan ibu kota baru Indonesia, Penajam Paser Utara, yang terletak di dekat Balikpapan.

“Kami ingin kehadiran 5G menambah nilai di komunitas lokal, dan memberikan dampak bagi masyarakat Balikpapan,” ungkap Vikram, Kamis (16/12/2021), pada acara peluncuran 5G di Balikpapan.

Ahmad berharap, peluncuran layanan 5G juga akan secara signifikan meningkatkan daya saing industri di kawasan tersebut.

Layanan komersial 5G di Balikpapan sendiri merupakan lokasi kelima dan sekaligus lokasi terakhir yang diluncurkan Indosat pada tahun ini. Sebelumnya, Indosat diketahui telah meluncurkan layanan 5G di Solo, Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin dalam acara yang sama berharap peluncuran teknologi 5G tersebut dapat mempercepat implementasi Smart City, Smart Government, dan Smart Industry guna mempercepat pemulihan ekonomi di kawasan sehingga turut menjadi akselerator perekonomian nasional.

“Kami mengapresiasi komitmen Indosat Ooredoo dalam menyediakan layanan komersial 5G di Balikpapan, sebagai kota terbesar di Kalimantan Timur dan kota terdekat dari ibu kota baru Indonesia,” kata Rudy.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Balikpapan merupakan kota di Kalimantan Timur dengan industri manufaktur sebagai penggerak utama perekonomian. Tercatat sektor manufaktur menyumbang 47 persen dari Produk Domestik Regional Bruto pada tahun 2020, di mana perikanan laut menjadi kontributor utama di sektor pertanian.

Sejalan dengan itu, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan, bahwa Balikpapan memiliki sumber daya alam yang potensinya sangat besar. Oleh karena itu, menurutnya langkah Indosat ini adalah langkah yang tepat memilih Balikpapan untuk memperluas jangkauan bisnisnya.

“Ini peluang yang besar untuk indosat untuk mengembangkan bisnis. Kami menerima dengan segala suka dan senang atas akan dilaksanakannya launching 5G Indosat di Kalimantan Timur,” ujar Isran.

Sebagai informasi, Nokia Indonesia kembali menjadi mitra Indosat untuk mendukung peluncuran 5G setelah sebelumnya ikut serta mendukung peluncuran 5G di Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, peluncuran 5G di Balikpapan oleh Indosat ini juga bermitra dengan Rektor Institut Teknologi Kalimantan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper