Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Unilever Indonesia (UNVR) Targetkan Nol Emisi Karbon pada 2035

Untuk Unilever Indonesia, target zero emisi dicanangkan pada 2035 dengan pengurangan 50 persen emisi pada 2025.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 29 November 2021  |  20:22 WIB
Logo Unilever Indonesia dalam kampanye Indonesia World Farmer Scene - Unilever.co.id
Logo Unilever Indonesia dalam kampanye Indonesia World Farmer Scene - Unilever.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konsumer PT Unilever Indonesia Tbk. menargetkan dapat menurunkan emisi karbon di internal perusahaannya hingga nol emisi pada 2035. Perseroan juga menargetkan komitmen nol emisi di seluruh keluarga bisnisnya hingga 2039.

Head of Corporate Affairs and Sustainability Unilever Indonesia Nurdiana Darus menjelaskan Unilever sudah menggeser nilai perusahaannya, dari sekedar tanggung jawab sosial perusahaan menjadi keberlanjutan sejak tahun 2000 dengan didirikannya Unilever Indonesia Foundation.

"Pada Desember 2020 setahun lalu, Unilever secara global meluncurkan rencana climate transition and action plan dan sebagai komitmen Unilever secara global mencapai internal operasional zero emisi di tahun 2030, dan extended family Unilever 2039," paparnya dalam acara peringatan 26 tahun Unilever Indonesia Foundation, Senin (29/11/2021).

Untuk Unilever Indonesia, target zero emisi dicanangkan pada 2035 dengan pengurangan 50 persen emisi pada 2025. Perseroan juga sudah meluncurkan sustainability report di pasar modal Indonesia sejak 2018. Padahal, laporan ini baru akan diwajibkan pelaksanaannya pada 2022.

Emiten berkode UNVR ini terus berupaya mengurangi emisi karbon sekaligus juga menjalankan peta jalan keberlanjutannya dengan fokus dua hal.

Pertama, keterlibatan sosial terhadap aktivitas keberlanjutan yang akan menghasilkan tujuan akhir selaras dengan Sustainability Development Goals (SDGs). Kedua, keberlanjutan yang berdampak terhadap bisnis.

"Investor ingin melihat perusahaan itu dalam strategi keberlangsungan perusahaan bisnis strateginya mengutamakan sustainability bisnis lewat sustainability program," paparnya.

Dia mencontohkan program pengembangan Petani Kedelai Hitam sejak 2001 dan program petani muda yang secara umum merupakan program membantu regenerasi petani dengan kebutuhan pangan Indonesia yang semakin mendesak. Hal ini sekaligus keberlanjutan bisnis dari produksi kecap Bango yang berasal dari kedelai hitam.

"Program sikat gigi pagi malam juga sangat erat dengan tujuan Pepsodent, ini tentu melihat program-program ini ada dua tujuan, sustainability masyarakat lebih luas, dan sebagai investor balik lagi dorong sustainability bisnis," katanya.

UNVR juga fokus pada menyesuaikan bisnis dengan masa depan melalui berbagai program keberlanjutan tersebut.

Selama lebih dari 87 tahun, Unilever Indonesia berkomitmen menjadi perusahaan yang percaya bahwa bisnis seharusnya mampu menjadi bagian dari solusi atas permasalahan yang dihadapi dunia, termasuk permasalahan lingkungan dan sosial.

Hal ini dilandaskan oleh strategi global The Unilever Compass, di mana Unilever Indonesia terus berupaya mengelola dan menerapkan bisnis secara bertanggung jawab dan berkelanjutan agar dapat terus berkembang seraya mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan dampak sosial yang positif bagi masyarakat.

Di Indonesia, salah satu bentuk perwujudan komitmen tersebut adalah didirikannya Unilever Indonesia Foundation (UIF) sejak 2000. UIF hadir untuk mewujudkan berbagai tujuan dengan menyasar pada perubahan nyata dan positif yang berkelanjutan untuk kebaikan planet dan masyarakat.

Keberadaan UIF secara nyata telah membantu Unilever Indonesia dalam menemukan dan memberdayakan potensi di masyarakat, memberikan nilai tambah kepada masyarakat, menyatukan kekuatan mitra-mitranya, dan menjadi katalisator pembentukan kemitraan untuk mengakselerasi pencapaian program-programnya.

Sejumlah program dan kampanya yang dijalankan UIF antara lain pembinaan ribuan Bank Sampah, gerakan #GenerasiPilahPlastik, Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) bersama Pepsodent, program Royco NutriMenu, Unilever Entrepreneurship Bootcamp #MudaMaslahat, dan banyak lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unilever unvr berkelanjutan unilever indonesia
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top