Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Papan nama di luar pabrik es krim Unilever Plc di Covington, Tennessee, AS.  - Bloomberg
Lihat Foto
Premium

Unilever Akhirnya Lepas Bisnis Teh, Jalan Lapang Restrukturisasi?

Perusahaan induk dari PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) yakni Unilever Plc. akhirnya berhasil melakukan pelepasan bisnis tehnya dalam rangka restrukturisasi bisnis perseroan.
Yustinus Andri & Dwi Nicken Tari
Yustinus Andri & Dwi Nicken Tari - Bisnis.com
23 November 2021 | 14:52 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah beberapa bulan terakhir berupaya mencari calon pembeli strategis, Unilever Plc. akhirnya berhasil melego berapa merek tehnya.

Sekadar catatan, rencana Unilever melepas bisnis teh melalui beberapa mereknya telah berhembus sejak Agustus lalu. Kala itu periode penawaran putaran pertama ditargetkan dapat ditutup oleh Unilever hingga September 2021.

Namun demikian, hingga akhir September kabar mengenai proses penjualan bisnis teh perseroan tak kunjung muncul. Hingga pada akhirnya, pada 19 November lalu, perseroan melaporkan telah mendapatkan pembeli strategis terhadap beberapa merek tehnya mulai dari Lipto hingga PG Tips.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Selasa (23/11/2021), perusahaan yang siap membeli unit teh Unilever adalah CVC Capital Partners.

Adapun, nilai transaksi jual-beli bisnis teh yang diberi nama Ekaterra itu mencapai 4,5 miliar euro atau sekitar US$5,1 miliar, secara tunai dan bebas utang. Kabar itu pun dikonfirmasi oleh Unilever dalam pernyataan resminya pekan lalu.

Ekaterra memiliki portofolio 34 merek termasuk Lipton, PG Tips, Pukka, T2 dan TAZO, dan menghasilkan pendapatan sekitar 2 miliar euro tahun lalu. Unilever mengatakan mereka menargetkan dapat menyelesaikan proses penjualan pada paruh kedua 2022.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top