Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produsen ATK Bantex (BINO) Resmi Melantai di Bursa, Raup Dana Rp60 Miliar

Produsen alat tulis kantor (ATK) merk Bantex, PT Perma Plasindo Tbk. (BINO), melepas 435.000.000 lembar saham dalam penawaran umum perdana (IPO).
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 25 November 2021  |  10:17 WIB
Seremoni penawaran saham perdana PT Perma Plasindo Tbk. (BINO) pada 25 November 2021. - Istimewa
Seremoni penawaran saham perdana PT Perma Plasindo Tbk. (BINO) pada 25 November 2021. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten produsen alat tulis kantor, PT Perma Plasindo Tbk menggelar Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) dengan melepas sejumlah 435.000.000 lembar saham.

Besaran saham itu setara dengan 20 persen dari modal disetor dan ditempatkan Perseroan dengan harga Rp138 per saham.

Direktur Utama Perma Plastindo Kristanto Widjaja menjelaskan IPO ini sebagai jawaban atas keraguan banyak masyarakat yang menyebut stationary merupakan sunset industry di tengah digitalisasi.

"Kami meyakini bahwa kebutuhan stationery tidak akan pernah hilang atau tergantikan oleh digital sepenuhnya. Perangkat digital akan menjadi pelengkap yang tidak terpisahkan bagi semua stationery yang selama ini kita gunakan, seperti kertas, ballpoint, stapler, dan lain-lain," ungkapnya, Rabu (25/11/2021).

Khusus untuk filing produk, untuk penyimpanan dokumen masih banyak perlu menyimpan dokumen secara fisik, seperti akta perusahaan, buku kepemilikan asset, dokumen kontrak, dan sebagainya bahkan beberapa harus disimpan selama bertahun-tahun sesuai tuntutan Undang-Undang.

Solusi yang tersedia dari para pemain besar digital, sementara ini hanya mengelola dokumen secara digital saja, tidak memikirkan kaitan dengan dokumen fisiknya.

Sementara konteks saat ini, tetap memerlukan peralatan yang bisa membantu menemukan dokumen tersebut apabila diperlukan, baik untuk dibaca dan diketahui isinya, ataupun apabila diperlukan dokumen fisiknya. BANTEX Hybrid e -filing adalah jawaban atas hal tersebut.

Pada 16 November 2021 Perseroan telah mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan.

Selama masa penawaran umum tanggal 18 – 23 November 2021, saham PT Perma Plasindo mendapatkan minat yang luar biasa dari para investor sehingga seluruh saham yang ditawarkan dapat diserap dengan baik.

Dari aksi korporasi ini, Perseroan akan menerima dana segar sebesar Rp60 miliar, dana yang diperoleh ini sebagian besar sekitar 63 persen akan digunakan untuk pelunasan hutang pada pihak ketiga.

Hutang ini sebelumnya digunakan untuk melakukan pembelian aset tanah dan bangunan yang digunakan untuk operasional perseroan. Ini akan menghemat biaya sewa gudang dan kantor.

Secara keseluruhan, perbaikan tersebut akan semakin meningkatkan profitabilitas perseroan dalam jangka panjang. Sisa dana sekitar 37 persen akan digunakan untuk pembelian mesin dan menambah modal kerja Perseroan.

Perseroan menunjuk PT. Indo Capital Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek kemudian PT Semesta Indovest Sekuritas dan Phillip Sekuritas Indonesia sebagai Pelaksana Emisi Efek.

Perseroan adalah perusahaan dengan kegiatan usaha utama memproduksi dan mendistribusikan alat tulis kantor merk BANTEX.

Berdiri sejak 1992 menaungi beberapa anak perusahaan yang bergerak dalam bidang alat tulis kantor, terintegrasi dari manufacturing sampai dengan distribusi, serta beberapa anak perusahaan yang produknya menjadi pelengkap proses produksi maupun melengkapi assortment produk yang dijual.

Bantex dimulai sejak 1986 di Indonesia, diproduksi dan didistribusikan oleh Entitas Anak PT Batara Indah, yang saat ini menjadi bagian perseroan yang melakukan produksi perseroan. Setelah lebih dari 35 tahun menggarap pasar Indonesia, BANTEX telah menjadi salah satu pemain utama di pasar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

initial public offering Perma Plasindo BINO
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top