Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bukit Asam (PTBA) Siap Jalankan PLTU Sumsel 8 Kuartal I/2022, Begini Progresnya Saat Ini

PT Huadian Bukit Asam Power (HBAP), konsosium yang dibentuk antara PTBA dan Huadian Hongkong Company Limited optimistis pembangunan PLTU Sumsel 8 akan selesai sesuai dengan target pada 7 Maret 2022.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 17 November 2021  |  01:50 WIB
Bukit Asam (PTBA) Siap Jalankan PLTU Sumsel 8 Kuartal I/2022, Begini Progresnya Saat Ini
Foto udara progres pembangunan PLTU mulut tambang Sumsel 8 yang terletak di Muara Enim, Sumatra Selatan. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, MUARA ENIM – PT Bukit Asam Tbk. terus menggenjot pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Mulut Tambang Sumsel 8. Hingga Oktober 2021, progres pembangunan sudah mencapai 92,84 persen.

Manajemen emiten dengan kode saham PTBA ini pun menyatakan siap untuk mengoperasikan PLTU dengan kapasitas 2x660 MW tersebut setelah progres pembangunan selesai.

Deputi General Manager PT Huadian Bukit Asam Power (HBAP) Gusti Anggara optimistis pembangunan PLTU yang terletak di Muara Enim, Sumatra Selatan tersebut akan selesai sesuai dengan target pada 7 Maret 2022. Namun, dia belum memastikan beroperasinya PLTU karena hal ini menyangkut banyak pihak.

“Kalau target, kami tetap menargetkan sesuai dengan kesepakatan di awal. Namun apakah itu terealisasi atau tidak, kami butuh juga konfirmasi dan masukan dari banyak pemangku kepentingan seperti PLN,” ungkapnya, Selasa (16/11/2021).

Seperti diketahui, HBAP merupakan konsorsium yang dibentuk antara Bukit Asam dan perusahaan China, Huadian Hongkong Company Limited. PTBA memegang kepemilikan sebesar 45 persen dalam konsorsium ini, sedangkan 55 persen dimiliki oleh Huadian. Nilai investasi pembangkit ini mencapai US$1,68 miliar.

HBAP memperinci pembangunan boiler house unit 1 telah mencapai 84,63 persen, sedangkan boiler house unit 2 mencapai 82,84 persen. Adapun pengerjaan turbin generator atau power house sudah mencapai 94,36 persen untuk unit 1 dan 94,26 persen untuk unit 2.

Sementara itu, progres pengerjaan dua cerobong asap atau chimney telah mencapai 74,03 persen, cooling tower mencapai 92,93 persen, dan transmission line mencapai 95,95 persen.

Transmission line yang dibangun akan menghubungkan PLTU Sumsel 8 ke gardu induk PLN di Muara Enim yang terletak 45 km dari lokasi. PLTU mulut tambang terbesar di Indonesia ini akan terhubung dengan transmisi Sumatra 500 kilovolt dan transmisi HVDC Jawa Sumatra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptba bukit asam PLTU SUMSEL 8
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top