Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Meta, Ini Perusahaan Raksasa yang Terlibat dalam Metaverse

Metaverse adalah realitas digital yang menggabungkan aspek media sosial, game, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan cryptocurrency.
Ilustrasi Amazon./Antara-Reuters
Ilustrasi Amazon./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Rebranding Facebook Inc. menjadi Meta Platform Inc. (Meta) menjadi sinyal bahwa Facebook akan fokus membangun metaverse. Namun, selain Meta ada beberapa perusahaan tingkat dunia yang mulai terlibat dalam sistem ini.

Mengutip dari Investopedia, Metaverse adalah realitas digital yang menggabungkan aspek media sosial, game, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan cryptocurrency yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara virtual.

Semantara itu, melansir dari U.S News, Selasa (16/11/2021), berikut enam perusahaan ternama selain Meta yang mulai berfokus pada sistem Metaverse.

1. Microsoft

CEO Microsoft Satya Nadella menilai Metaverse dapat sepenuhnya merevolusi cara para profesional bertemu, berkolaborasi dan berinteraksi secara online menggunakan avatar atau bahkan hologram. Microsoft juga telah memiliki Microsoft Hololens, yang merupakan kacamata pintar dan konsol permainan Xbox. Keduanya memiliki peran penting untuk pengguna metaverse.

2. Amazon

Raksasa e-commerce Amazon memiliki ekosistem yang mengintegrasikan layanan belanja, hiburan dan cloud bagi penggunanya. Selain itu, Amazon Web Services berpotensial akan memainkan peran utama dalam membangun dan memelihara infrastruktur metaverse.

3. Nvidia

Produsen chip komputer Nvidia Corp. dinilai dapat memiliki peran sentral dalam memasok sejumlah besar kekuatan pemrosesan yang dibutuhkan metaverse. Diketahui, Nvidia telah menciptakan platform metaverse, Nvidia Omniverse. Omniverse digunakan untuk kolaborasi desain dan simulasi arsitektur dunia nyata.

4. Roblox

Permainan online, Roblox telah memiliki 43,2 juta pengguna aktif, mata uang digital Robux, dan konser digital. Pihak pengembang terus membangun game dan konten baru untuk mengintegrasikan ke dalam game yang ada sehingga dapat berfungsi sebagai dasar untuk metaverse.

5. Unity Software

Pengembang perangkat lunak untuk video game ini, memiliki salah satu dari dua mesin video game 3D. CEO Unity John Riccitiello mengatakan perusahaan akan mendukung dan membentuk metaverse. Unity dapat menjadi pemain utama dalam membantu bisnis untuk membangun metaverse.

6. Autodesk

Sekitar 77 persen bisnis Autodesk berasal dari produk software desain yang digunakan arsitektur, teknik dan konstruksi untuk merancang dan membuat bangunan 3D dan proyek infrastruktur secara virtual. Perusahaan turut berekspansi ke metaverse.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper