Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengendali Saham Berganti, Ini Rencana RIGS ke Depan

Perubahan kepemilikan mayoritas dari asing ke lokal memberikan keleluasaan kepada PT Rig Tenders Indonesia Tbk. (RIGS) untuk investasi armada baru dengan bendera Indonesia.
PT Rig Tenders Indonesia Tbk/rigtenders.co.id
PT Rig Tenders Indonesia Tbk/rigtenders.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Rig Tenders Indonesia Tbk. (RIGS) mengumumkan pergantian kepemilikan saham ke perusahaan lokal. Hal ini dinilai membuka peluang lebih luas untuk kinerja RIGS.

Berdasarkan laporan keuangan, struktur kepemilikan saham RIGS setelah RUPS LB telah berubah dari 80,45 persen milik Scomi Marine Service Pte Ltd. menjadi milik PT Surya Indah Muara Pantai dengan jumlah saham 490.597.000 dan jumlah modal disetor US$20.578.733.

“Perubahan kepemilikan mayoritas dari asing ke lokal yang memberikan keleluasaan kepada perseroan untuk investasi armada baru dengan bendera Indonesia,” ujar Presiden Direktur Rig Tenders Indonesia Kartika Hadi dalam paparan publik, Selasa (16/11/2021).

Dalam jangka pendek, Kartika mengatakan karena armadanya sudah fully book, belum ada rencana khusus.

“Tapi dengan penambahan armada yang sedang dalam perencanaan kita akan menambah kontrak-kontrak baru, terutama dari angkutan komoditas,” ujarnya.

Hal ini sejalan dengan dibukanya banyak PLTU baru yang selaras dengan program pemerintah untuk pembangunan infrastruktur, yang akan meningkatkan kebutuhan untuk pemakaian listrik sehingga konsumsi batu bara akan terus meningkat.

Selain itu, perusahaan juga akan memanfaatkan kenaikan produksi mineral lain seperti Nikel dan Bauksit yang semakin meningkat pesat dan rencana pembangunan smelter yang cukup banyak.

“Ini akan membuat kebutuhan akan transportasi semakin meningkat,” tambahnya.

Di lantai bursa, pada Selasa (16/11/2021) harga saham RIGS turun 28 poin atau 7 persen ke Rp372. Emiten dengan kapitalisasi pasar senilai Rp226,6 miliar ini mencatatkan pertumbuhan harga saham sampai 38,81 persen sepanjang tahun berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper