Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wika Gedung (WEGE) Pecahkan Rekor MURI di Sirkuit Mandalika

Instalasi modul WEGE pada Modular Pit Building telah seluruhnya terpasang untuk gelaran World Super Bike (WSBK) Indonesia pada 19-21 November 2021.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 12 November 2021  |  20:38 WIB
Wika Gedung menerima penghargaan rekor MURI dalam membangun Modular Pit Building pada proyek Pertamina Mandalika International Street Circuit - Dok.Perusahaan.
Wika Gedung menerima penghargaan rekor MURI dalam membangun Modular Pit Building pada proyek Pertamina Mandalika International Street Circuit - Dok.Perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) atau Wika Gedung membangun Modular Pit Building pada proyek Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Bangunan itu adalah sebagai fasilitas pembalap dan official team yang akan berlaga. Modular Pit Building sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi dibangun dengan sistem modular yang terdiri dari tiga lantai, masing-masing garasi memiliki lebar 5,24 meter dengan panjang 18,34 meter dan dibangun dengan luas bangunan 13.700 meter persegi.

Modular Pit Building ini terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar merupakan garasi yang digunakan para pebalap dan teknisi tim, sedangkan lantai dua merupakan area podium, tribun penonton VVIP dan media center. Sedangkan lantai tiga Pit Building khusus untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Saat ini, instalasi modul WEGE pada Modular Pit Building telah seluruhnya terpasang untuk gelaran World Super Bike (WSBK) Indonesia pada 19-21 November 2021.

Direktur Operasi 1 Wika Gedung Bagus Tri Setyana mengatakan, perseroan telah menjadi bagian dari sejarah di dunia konstruksi dan olahraga Indonesia sekaligus turut mensukseskan ajang balapan bertaraf International dalam waktu dekat ini dan acara lainnya di masa mendatang.

Manager MURI Yusuf Ngadri Senior mengatakan, pembangunan Pit Building di Pertamina Mandalika International Street Sircuit yang berada di kawasan destinasi pariwisata prioritas tersebut menggunakan metode konstruksi modular. WEGE selaku pionir konstruksi modular berhasil merampungkan pembangunan. Sebanyak 888 modul terpasang dalam kurun waktu 21 hari, lebih cepat dari rekor pemasangan modular di RS Covid modular sebelumnya.

“Pembangunan Modular Pit Building ini melengkapi pemenuhan persyaratan homologasi sirkuit sehingga dapat menyelenggarakan gelaran event international World Superbike pada November 2021, MotoGP serta berbagai event internasional lainnya," kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (12/11/2021). 

Perlu diketahui, sebelumnya WEGE juga sudah beberapa kali mencatatkan sejarah rekor MURI yaitu dalam membangun Rumah Sakit Tercepat dengan menggunakan sistem modular dan Rumah Sakit dengan Ruang Rawat Inap Terbanyak dengan menggunakan sistem modular.

Terbaru, WEGE berpartisipasi di proyek Jakarta International Stadium yang juga mencatatkan rekor, yakni lifting struktur atap stadion dengan bobot terberat, stadion pertama yang menggunakan sistem atap buka-tutup, serta stadion green building dengan sertifikasi platinum pertama.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rekor muri Wika Gedung sistem modular Sirkuit Mandalika
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top