Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Grup Emtek (EMTK) Dapatkan Hak Siar F1, Kinerja Makin Ngebut

Seperti diketahui, hak siar dua gelaran olahraga tersebut untuk para penggemar di Tanah Air sebelumnya dipegang oleh Fox Sports Asia, yang termasuk dalam 18 saluran media milik Disney di Asia Tenggara dan Hong Kong yang ditutup per 1 Oktober 2021.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 08 Oktober 2021  |  05:45 WIB
Max Verstappen dari tim Red Bull berhasil meraih podium kedua di Grand Prix Spanyol.  - Honda
Max Verstappen dari tim Red Bull berhasil meraih podium kedua di Grand Prix Spanyol. - Honda

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah Mola TV resmi menayangkan Ultimate Fighting Championship (UFC), kini giliran grup PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) mengamankan hak siar Formula 1 (F1) untuk wilayah Indonesia.

Seperti diketahui, hak siar dua gelaran olahraga tersebut untuk para penggemar di Tanah Air sebelumnya dipegang oleh Fox Sports Asia, yang termasuk dalam 18 saluran media milik Disney di Asia Tenggara dan Hong Kong yang ditutup per 1 Oktober 2021.

Dikutip dari pengumuman resmi laman Formula 1®, Grup Emtek dalam konfirmasi final menjadi perwakilan media dari Indonesia yang akan melanjutkan sisa F1 musim 2021 dan F1 musim 2022, bahkan termasuk FIA Formula 2, FIA Formula 3, dan Porsche Supercup.

"Menindaklanjuti tutupnya kanal Fox Sports di Asia, kami berbangga mengumumkan partnership baru kami untuk memastikan bahwa para fans F1 di wilayah ini terakomodasi," ujar Michaella Snoeck, Head of Media Rights at Formula 1® dalam pengumuman resmi, Kamis (7/10/2021).

Alhasil, fans F1 di wilayah Asia Tenggara dan Hongkong, tak lagi gundah mencari cara resmi menonton gelaran Turkish Grand Prix di Istanbul Park yang akan berlangsung pada Minggu (10/9/2021).

Formula 1 akan berpartner dengan PCCW (Now TV) di Hong Kong; Singtel dan StarHub di Singapura; TrueVisions di Thailand; Tap DMV di Filipina; Astro di Malaysia dan Brunei; VSTV di Vietnam; dan Canal+ di Myanmar. Partner eksisting, yaitu Disney di Jepang lewat Fuji TV dan DAZN) dan Star India di India juga diperpanjang.

Michaella mengungkap bahwa 2021 merupakan salah satu musim F1 yang menegangkan dan menarik untuk diikuti fans lama maupun fans baru.

Di mana, Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) selaku 7 kali juara dunia yang tengah memimpin klasemen sementara, mendapat tekanan keras dari sang rival, Max Verstappen (Red Bull Racing Honda) yang hanya berjarak 2 poin di belakangnya.

"Aksi semakin intens, di mana perebutan gelar dua pembalap pemimpin klasemen, serta tim papan atas dari pabrikan berbeda, berpotensi terus berkejaran sampai race terakhir. Oleh sebab itu, kami berupaya memastikan fans tak ketinggalan drama dan semangat F1 di sisa musim 2021 ini," tambahnya.

Dari pihak Emtek, setidaknya tiga kanal miliknya juga telah mengungkap bahwa mereka akan menayangkan F1 untuk para fans di Indonesia. Tepatnya, Vidio (OTT) lewat Vidio Sport, Champions TV, dan O Channel TV.

"Next Stop Turkish GP. Yang warga +62 nantikan hadir di Vidio," tulis Vidio Sport dalam laman instagram resminya di video singkat bertuliskan SEGERA dengan background suara khas komentator F1.

Ketiganya kompak mengunggah postingan di media sosial mereka masing-masing bahwa induk usahanya yang berkode emiten EMTK ini akan segera membuat pengumuman resmi terkait hal ini.

Sebelumnya, platform streaming besutan Polytron yang disponsori Djarum, PT Global Media Visual atau Mola TV telah 'gerak cepat' untuk terlebih dahulu mengamankan hak siar UFC setelah Fox Sports Asia tutup. Mola TV pun langsung menayangkan pertandingan yang berlangsung pada 3 Oktober 2021.

Kevin Chang, Senior Vice President UFC Asia menjelaskan bahwa kemitraan ini penting karena jumlah penggemar UFC di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, telah berkembang pesat.

"Kemitraan eksklusif kami di Indonesia dengan MOLA akan memberi fleksibilitas untuk para fans bisa mengakses event UFC, kapan saja dengan perangkat apa saja," tulisnya dalam keterangan resmi.

Sementara itu, Manajemen Mola TV Mirwan Suwarso menyebut bahwa langkah ini merupakan jawaban atas minat masyarakat Indonesia terhadap seni bela diri campuran (mixed martial arts/MMA), yang ternyata memiliki profil tepat untuk ditarik menjadi pelanggan Mola.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

f1 Kinerja Emiten elang mahkota teknologi emtek
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top