Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pendapatan Produsen Ban Michelin (MASA) Naik 84 Persen Semester I/2021, Berbalik Laba

Pendapatan PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) naik 84 persen menjadi Rp2,82 triliun dan mencetak laba bersih Rp558,2 miliar dari posisi rugi pada semester pertama tahun lalu.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 September 2021  |  18:19 WIB
Presiden Direktur PT Michelin Indonesia (Michelin) Steven Vette (kanan) berbincang dengan Head of Public Affairs and Press Relation Michelin Kartika Susanti tentang rencana bisnis Michelin pada tahun 2020 di Jakarta, Selasa (10/3). Anak grup perusahaan asal Prancis tersebut ingin memaksimalkan potensi sejumlah pabrik Multistrada di Indonesia pasca melakukan akuisisi 80 persen saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk. Bisnis - Abdullah Azzam
Presiden Direktur PT Michelin Indonesia (Michelin) Steven Vette (kanan) berbincang dengan Head of Public Affairs and Press Relation Michelin Kartika Susanti tentang rencana bisnis Michelin pada tahun 2020 di Jakarta, Selasa (10/3). Anak grup perusahaan asal Prancis tersebut ingin memaksimalkan potensi sejumlah pabrik Multistrada di Indonesia pasca melakukan akuisisi 80 persen saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk. Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen ban Michelin, PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) melaporkan kinerja paruh awal tahun ini yang cemerlang.

Pendapatan naik 84 persen menjadi Rp2,82 triliun dan mencetak laba bersih Rp558,2 miliar dari posisi rugi pada semester pertama tahun lalu.

Peningkatan kinerja di tengah krisis pandemi Covid-19 tersebut memberikan sinyal positif bagi pemulihan bisnis dan industri sepanjang tahun 2021.

Presiden Direktur Multistrada Arah Sarana Steven Vette mengatakan peningkatan kinerja tersebut adalah hasil dari upaya perusahaan untuk memperbaiki strategi penjualan dan meningkatkan efisiensi kerja industri.

“Tahun 2021 bukan tahun yang mudah karena banyak disrupsi pada rantai pasokan global. Peningkatan pendapatan tahun ini banyak disumbangkan oleh penjualan ke pasar ekspor,” katanya dalam keterbukaan, Jumat (24/9/2021).

Berdasarkan laporan keuangan yang tidak diaudit per 30 Juni 2021, emiten produsen ban Goodrich ini mencetak pendapatan semester I/2021 sebesar US199,12 juta atau setara Rp2,82 triliun (kurs Rp14.200) naik 83,96 persen.

Sedangkan, beban pokok penjualan juga melejit menjadi US$131,03 juta dari periode yang sama tahun lalu sebesar US$94,67 juta.

MASA berhasil menurunkan beban penjualan dan distribusi menjadi US$9,36 juta dari US$9,6 juta, sementara beban umum dan administrasi naik menjadi US$6,84 juta dari US$6,53 juta.

Dengan demikian, perseroan berhasil membalikan posisi rugi yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menjadi laba bersih sebesar US$39,31 juta atau Rp558,2 miliar pada semester I/2021 dari posisi rugi US$2,4 juta pada semester I/2020.

Sepanjang semester pertama tahun ini, Multistrada juga mencatatkan kenaikan penjualan ban mobil sebesar 47 persen dibandingkan semester pertama 2020. Sedangkan total penjualan ban sepeda motor juga mengalami peningkatan sebesar 28 persen.

Kenaikan volume penjualan terutama berasal dari pasar ekspor, di mana menyumbang lebih dari 55 persen dari total penjualan ban Multistrada.

Pertumbuhan penjualan di pasar ekspor juga tercatat lebih tinggi dibanding dengan pertumbuhan penjualan di pasar domestik, salah satunya karena pemulihan ekonomi yang mulai berjalan di pasar ekspor.

Produsen ban roda dua Corsa ini masih menjadikan Amerika Serikat sebagai tujuan ekspor utama Multistrada di mana menyerap lebih dari 71 persen volume ekspor.

Steven menambahkan, Multistrada optimistis akan dapat mencapai target perusahaan pada tahun ini. Untuk mencapai target tersebut, perusahaan telah melakukan langkah-langkah untuk mengoptimalisasi keluaran produksi.

Kapasitas produksi ban mobil Multistrada saat ini adalah 11 juta ban dan ban roda dua adalah 8 juta ban.

“Kami optimistis pemulihan bisnis dan industr akan berjalan dengan lebih baik tahun ini sehingga kinerja perusahaan juga lebih baik,” kata Steven.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

michelin Kinerja Emiten multistrada arah sarana
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top