Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Diperkirakan Menguat, Cek Saham UNTR, WIKA, BUKA

IHSG diperkirakan akan kembali menguat pada hari ini di rentang 6073 hingga 6165.
Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas,  Jakarta, Rabu (15/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak menguat pada perdagangan hari ini, Kamis (16/9/2021). Volatilitas pasar masih akan terjadi pada perdagangan hari ini.

Kemarin (15/9/2021), IHSG melemah sepanjang sesi perdagangan sebesar 18,86 poin atau turun 0,31 persen ke level 6110,23.

Dengan saham-saham pada sektor Industri (-0.90%) dan Material dasar (-0.76%) menjadi yang terdalam. Sedangkan, sektor Energy (+0.85%) dan Teknologi (+0.64%) yang menguat tidak mampu menahan IHSG di zona hijau.

Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang menjelaskan saat ini pasar saham tengah dalam kondisi volatil yang sangat tinggi perubahan zona hijau dan merah terjadi begitu cepat setiap harinya.

"Market saat ini dalam kondisi volatil tingkat dewa, turun dan naik di teritori merah serta hijau berubah cepat setiap harinya. Contohnya setelah jatuh Rabu kemarin, IHSG hari ini berpotensi berbalik menguat," jelasnya dalam keterbukaan harian, Kamis (16/9/2021).

Penguatan IHSG merujuk penguatan yang terjadi atas Indeks Dow Jones Amerika Serikat (DJIA) sebesar 0,68 persen serta naiknya harga beberapa komoditas di tengah turunnya yield obligasi Indonesia ke level 6,2727 persen.

Selain itu, neraca perdagangan Indonesia pada Januari–Agustus 2021 secara keseluruhan mencatatkan surplus US$19,17 miliar, meningkat dibandingkan periode sama tahun 2020 sebesar US$10,96 miliar.

Bahkan, surplus neraca perdagangan Indonesia Agustus 2021 mencapai US$4,74 miliar, menjadi tertinggi sejak Desember 2006, dan neraca perdagangan terus tercatat positif sejak Mei 2020.

Dengan demikian, Edwin memperkirakan IHSG akan kembali menguat di rentang 6073 hingga 6165. Dia pun merekomendasikan beli untuk sejumlah saham, diantaranya UNTR, WIKA, ITMG, PRDA, EXCL, WIKA, HRUM, BDMN, ADHI, AGII, MEDC, dan BUKA.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper