Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gaet Ratusan Peserta, ICAII 2021 Dibanjiri Produk Inovasi

Perhelatan ICAII 2021 diikuti ratusan perusahaan baik perusahaan terbuka (listed) maupun nonterbuka (nonlisted), dari perusahaan BUMN hingga perusahaan swasta.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 20 Agustus 2021  |  08:19 WIB
IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021 - Istimewa
IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – IDX Channel kembali menggelar event IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021. Event ini merupakan event ketiga kali yang digelar sejak 2019.

Adapun tema yang usung pada tahun ini adalah Accelerating Economic Recovery During Covid-19 Pandemic. Perhelatan ICAII 2021 diikuti ratusan perusahaan baik perusahaan terbuka (listed) maupun nonterbuka (nonlisted), dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga perusahaan swasta.

Event pada tahun ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi yang berdampak pada seluruh sektor bisnis. Beberapa dampak nyata yang dirasakan langsung oleh pelaku ekonomi di antaranya adalah penurunan permintaan, terganggunya rantai pasok, terganggunya proses produksi, kesulitan keuangan, dan pengurangan tenaga kerja.

Untuk menghadapi dinamika lingkungan yang demikian menekan, perusahaan melakukan berbagai cara dalam menjalankan bisnisnya dengan terus beradaptasi terhadap kondisi aktual sehingga tantangan dapat diubah menjadi peluang.

Kemampuan berinovasi saat ini menjadi jauh lebih dibutuhkan daripada kondisi sebelumnya. Perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan hal baru di semua lini agar tetap relevan dan mampu bertahan mengarungi krisis.

Animo perusahaan mengikuti ajang ICAII ini terus mengalami peningkatan meski di tengah kondisi pandemi Covid-19, yaitu sebanyak 100 nominator inovasi dari ratusan perusahaan yang turut serta dalam perhelatan ini. Proses penjurian dilaksanakan sejak Juni 2021.

ICAII 2021 diikuti ratusan perusahaan dengan berbagai inovasi yang terdiri atas inovasi internal, inovasi eksternal, inovasi dalam sustainability dan inovasi produk dan model bisnis.

Pemenang ICAII 2021 terdiri atas 20 pemenang kategori terbaik dari inovasi internal, inovasi eksternal, inovasi dalam sustainability dan inovasi produk dan model bisnis. Selain itu, IDX Channel Anugerah Inovasi memberikan apresiasi inovasi untuk Innovative Visionary Corporate Leader Dan Innovative Strategic Corporate Leader.

Adapun yang menjadi dewan juri pada ICAII 2021 yakni Paneliti Strategi Strategi Transformasi dan Inovasi PPM Manajemen Wahyu T. Setyobudi, Lecturer of Doctor of Research in Management Universitas Bina Nusantara Asnan Furinto, dan Profesor Ekonomi Keuangan IPMI International Business School Roy Sembel. Bertindak selaku Dewan Juri kehormatan yakni Menteri BUMN Erick Thohir.

Erick mengatakan para pemenang ICAII 2021 seharusnya dapat menjadi aspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk tetap dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi di masa pandemi melalui inovasi terobosan dan kolaborasi strategis .

“Kita semua tahu bahwa di masa pandemi ini kita semua belajar, tidak ada yang bisa berhenti belajar karena kita terus dipaksa melakukan lompatan-lompatan agar bisa bertahan dan tumbuh lebih kuat," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (20/8/2021).

Erick berharap selanjutnya IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia tidak berhenti di sini, tetapi harus memberikan apresiasi bagi mereka yang sudah lebih berkembang, lebih maju dari yang lain sehingga menjadi cambuk bagi yang lain untuk ikut berkembang.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi mengatakan seiring dinamika bisnis yang makin cepat, menuntut perusahaan untuk selalu selangkah di depan agar dapat bertahan dan unggul dalam persaingan. Selain itu disrupsi sebagai hasil teknologi yang makin canggih mengancam perusahaan setiap saat, dan harus diantisipasi sebelum terlambat.

Oleh karena itu inovasi menjadi salah satu kunci sukses perusahaan di era baru ini. perusahaan yang inovatif akan dapat mempertahankan kapabilitas dinamis yang bermuara pada daya saing yang lebih baik.

“Ada banyak perusahaan yang telah sukses memanfaatkan kondisi ada. Membuat strategi dan menghasilkan inovasi guna memastikan bisnis yang berkelanjutan. atas inisiatif inovasi unggul yang mereka hasilkan. Dalam arti inovasi berdampak luas berkanjutan dan memiliki kebaruan tinggi. Perusahaan-perusahaan ini perlu diberi apresiasi oleh banyak pihak. Untuk itulah kegiatan IDX Channel Anugerah Indonesia 2021 diadakan,” katanya.

Inarno berharap penghargaan ini tidak hanya mendorong pelaku bisnis untuk melakukan inovasi yang terus berkelanjutan khusususnya di tengah pandemi, tetapi juga menjadi sarana benchmark sehingga perusahaan dapat mengetahui seberapa baik dirinya dibanding perusahaan lain dalam merumuskan dan menjalankan suatu inisiatif inovasi.

Ketua Dewan Juri IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 Wahyu T. Setyobudi mengatakan, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 memberikan penghargaan atas kinerja inovasi yang unggul di masa pandemi. Selain menjadi motivasi pendorong bagi insan inovatif di perusahaan, penghargaan juga berperan sebagai benchmark sekaligus pemberi inspirasi bagi perusahaan lainnya, baik di industri yang sama maupun lintas industri.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inovasi korporasi penghargaan
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top