Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pacu Sektor Digital, Hary Tanoe: MNC Media Terapkan Kecerdasan Buatan di Seluruh Platform

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan penerapan AI diyakini bakal mendorong perseroan melaju kencang, dan menjadikan MNC Group raksasa ekonomi digital berskala global.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 26 Mei 2021  |  13:56 WIB
Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group.  - Bisnis.com
Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten grup media PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) kian fokus mengembangkan sektor digitalnya. Perseroan berencana menerapkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di seluruh produk digitalnya.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan penerapan AI diyakini bakal mendorong perseroan melaju kencang, meninggalkan jauh kompetitornya, dan menjadikan MNC Group raksasa ekonomi digital berskala global.

"Ini adalah bagian dari bagaimana kita memperkuat portal, di online, karena sekarang banyak orang mencari informasi melalui portal. Nanti kita akan kembangkan AI di situ," kata Hary dalam keterangan resmi, Rabu (26/5/2021)

Dia juga mengatakan MNC Group sudah memiliki kantor di India, di New Delhi dengan fokus AI untuk mendukung semua yang ada di digital platform. Kantor pusat AI tersebut diperkuat sumber daya manusia terbaik di bidang teknologi informasi, untuk mengembangkan AI berstandar internasional.

Adapun salah satu yang bakal diperkuat AI adalah portal berita milik perseroan. Salah satuny platform berita daring Sportstars.id yang baru saja diluncurkan oleh perseroan pada Selasa (25/5/2021) kemarin.

Sportstars.id di bawah PT MNC Portal Indonesia (MPI) mengusung misi menjadi portal olahraga yang menyajikan beragam informasi dari berbagai cabang olahraga dalam dan luar negeri, dengan penulisan yang informatif, menarik, akurat, mendalam dan bisa menjadi referensi pembaca.

Sportstars.id menyajikan beberapa kanal di antaranya kanal Bola yang meramu informasi segar dari Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Indonesia dan juga liga lainnya. Termasuk juga kabar teranyar dari Tim Nasional Merah Putih.

Kanal lainnya dari adu kecepatan yakni Balap (MotoGP, F1), kemudian Ragam (Basket, Fighting, Netting), Sportainment, dan Hobi.

“Sehubungan dengan akan diselenggarakan event EURO CUP di bulan Juni nanti, sportstars.id akan mengulas event tersebut secara komprehensif dan lengkap,” kata Hary.

Bukan itu saja, Sportstars.id juga memiliki kanal multimedia yang terdiri dari foto, video dan grafis. Berbagai konten itu diperkaya dengan berita-berita yang bersinergi dengan stasiun televisi di MNC Group.

Penyajian Sportstars.id akan semakin lengkap dengan mengusung kolaborasi pemberitaan dari portal MPI dan media MNC Group lainnya, yaitu Okezone.com, Sindonews.com, iNews.id, IDXchannel.com, Celebrities.id, dan media cetak Koran Sindo.

“Sportstars.id ini akan semakin melengkapi portal berita dan media yang ada di MNC Group. Portal ini menjadi persembahan terbaru kami untuk negeri ini,” ungkapnya.

“Kami berharap kehadiran Sportstars.id akan ikut mendorong kemajuan olahraga di Indonesia,” katanya.

Penerapan AI juga dilakukan di aplikasi over the top (OTT), yaitu RCTI+. Aplikasi tersebut menggabungkan lima segmen, yakni video streaming, news aggregator, audio aggregator, talent search yakni Home of Talent (HOT) dan games aggregator.

Aplikasi yang diluncurkan pada Agustus 2019 lalu tersebut dinilai memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi terhadap segmen pendapatan digital. Perusahaan memperkirakan RCTI+ dapat mendulang pendapatan.

Sebagai informasi, pengguna aktif layanan Over the Top (OTT) selama Februari 2021 berdasarkan hasil analisis Comscore, dua layanan OTT milik MNC Group berada di urutan pertama dan kedua, yaitu RCTI+ dan Vision+.

Pertama, RCTI+ yang berada di bawah naungan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) berada di urutan nomor satu dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 19,81 juta Monthly Active User (MAU).

Kedua, Vision+ yang berada di urutan kedua dengan jumlah MAU sebanyak 11,77 juta.

Vision+ yang berada di bawah naungan PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) ini merupakan layanan OTT berlangganan dan menyediakan kepada pelanggan akses menonton film, TV seri dan live TV.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hary tanoe mnc media nusantara citra digital
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top