Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gandeng PLN, Anak Usaha Bakrie & Brothers (BNBR) Garap PLTS Hybrid di Sulawesi Selatan

PT Bakrie Power, menyepakati kerjasama dengan PT PLN (Persero) dalam proyek pengadaan dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid di Desa Parak, Bontomanai, Selayar, Sulawesi Selatan.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  10:12 WIB
PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR)
PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR)

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) melakukan kerja sama dengan PT PLN (Persero) untuk menggarap proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Sulawesi Selatan.

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan pada Jumat (7/5/2021), BNBR melalui anak usahanya, PT Bakrie Power, menyepakati kerjasama dengan PT PLN (Persero) dalam proyek pengadaan dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid di Desa Parak, Bontomanai, Selayar, Sulawesi Selatan.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan pada hari Selasa (4/5/2021) di Makassar, Sulawesi Selatan, bersama-sama dengan mitra kerja PT Dipa Jaya Sejahtera dan PT Syntek Otomasi Indonesia.

Presiden Direktur BNBR Anindya Bakrie menyampaikan kerja sama tersebut dilakukan guna membantu percepatan pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) yang dicanangkan pemerintah. Anin menuturkan, PT Bakrie Power memang menjadi unit usaha yang selama ini berfokus pada pengembangan sektor energi di Indonesia. 

“Saat ini dan di masa depan, sumber energi yang ramah lingkungan semakin menjadi prioritas.  Pemerintah pusat pun telah menargetkan bauran energi nasional sebesar 23 persen dari sumber EBT pada tahun 2025. Kami di Bakrie Group menyadari pentingnya membantu pemerintah untuk dapat mengakselerasi pencapaian target bauran energi ini,” katanya dikutip dari keterangan resmi.

Lebih jauh, Anin juga menyatakan bahwa pihaknya siap  menjalankan upaya-upaya strategis dan menjaga sinergi dengan pihak kementerian/lembaga pemerintah dan BUMN di sektor energi, demi mendukung rencana itu. Partisipasi Bakrie Power dan PLN menjadi bukti keseriusannya dalam upaya percepatan penyediaan sumber energi yang efisien dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bakrie Power, Dody Taufiq Wijaya menyatakan, PLTS Hybrid Selayar merupakan proyek penting yang menandai dimulainya era konversi pembangkit diesel ke pembangkit renewable yang lebih bersih. 

“Di seluruh Indonesia masih ada ratusan pembangkit listrik bertenaga diesel yang kini dioperasikan PLN. Ini menjadi potensi amat besar untuk dapat dikonversi menjadi pembangkit EBT, seperti yang kami lakukan di PLTS Hybrid Selayar ini,” jelas Dody. 

Di sisi lain, hadirnya PLTS Hybrid turut meningkatkan keandalan pasokan listrik dan perbaikan tegangan pelayanan pada masyarakat yang berada di sekitar lokasi tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat, Awaluddin Hafid mengatakan, kerja sama pengadaan PLTS Hybrid menjadi wujud komitmen PLN dalam menghadirkan energi ramah lingkungan di wilayah-wilayah tersebut. Kehadiran PLTS Hybrid diharapkan dapat mendatangkan manfaat besar untuk lingkungan dan perekonomian masyarakat sekitar.

"Selain itu, proyek ini juga diharapkan mendorong para investor untuk mau berinvestasi dalam pengembangan pembangkit listrik yang memanfaatkan energi baru terbarukan,” ujarnya.

PLTS Hybrid di Selayar direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 1,3 Mega Watt peak, dan diproyeksikan akan mulai beroperasi secara resmi pada Desember 2021 mendatang.

Pembangkit listrik ramah lingkungan ini akan menjadi sumber listrik tambahan bagi PLTD dengan total kapasitas terpasang 13 MW di pulau Selayar yang saat ini telah beroperasi, untuk dimanfaatkan oleh 27.892 pelanggan PLN  di Kabupaten Selayar. PLN mengalokasikan dana investasi sebesar Rp39 miliar untuk proyek ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN plts Bakrie & Brothers
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top