Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitsui Serap Obligasi Yen Perusahaan Chairul Tanjung Senilai Rp13,2 Triliun

Dengan memperkuat aliansi Mitsui dengan CT Corp melalui langganan obligasi, perusahaan bermaksud berkontribusi dalam mempercepat pertumbuhan dan evolusi bisnis di berbagai industri yang berhubungan dengan konsumen.
Chairul Tanjung / bankmega.com
Chairul Tanjung / bankmega.com

Bisnis.com, JAKARTA - Mitsui & Co. (Mitsui) mengumumkan keputusannya untuk berlangganan obligasi konversi yang diterbitkan oleh perusahaan milik taipan Chairul Tanjung, PT CT Corpora, dengan jumlah pokok keseluruhan sebesar 100 miliar yen  atau sekitar Rp13,2 triliun.

PT CT Corpora adalah perusahaan induk dari CT Corp, perusahaan konglomerat bisnis di Indonesia yang besar dan terdiversifikasi yang memiliki touchpoint yang luas dengan konsumen Indonesia di sejumlah bidang, termasuk layanan keuangan, ritel, media, properti, perhotelan, hiburan, dan gaya hidup.

Penerbitan obligasi konversi terdiri dari dua tahap, masing-masing 67 miliar yean dan 33 miliar yen. Adapun, obligasi senilai 33 miliar yen menggantikan obligasi korporasi yang sudah ada dengan jumlah yang sama dengan yang dibeli Mitsui pada November 2018.

CEO Mitsui & Co. Kenichi Hori mengatakan Mitsui telah menetapkan pangsa pasar di Asia sebagai area fokus strategi dalam rencana manajemen jangka menengah.

"Kami bertujuan untuk menangkap peluang permintaan konsumen yang terus meningkat di Asia dengan membangun kemitraan strategis, dan dengan memanfaatkan beragam portofolio dan jaringan global kami untuk menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi kepada konsumen Asia," paparnya dalam keterangan resmi, Jumat (30/4/2021).

Dengan memperkuat aliansi Mitsui dengan CT Corp melalui langganan obligasi, perusahaan bermaksud berkontribusi dalam mempercepat pertumbuhan dan evolusi bisnis di berbagai industri yang berhubungan dengan konsumen.

"Dan pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup konsumen Indonesia," imbuh Hori.

Indonesia memiliki 270 juta populasi, terbesar di ASEAN, dan diproyeksikan akan menghadapi ekspansi konsumen berpenghasilan menengah yang terus bertumbuh. Segmen terbesar terdiri dari konsumen paham digital yang relatif muda, yang kebutuhannya diakomodir oleh CT Corp melalui beragam layanan digital yang semakin luas.

Setelah berlangganan obligasi konversi, Mitsui akan berkomitmen untuk mendukung evolusi CT Corp menjadi perusahaan multinasional melalui pengiriman komisaris, direktur, dan karyawan lain untuk berbagi keahlian.

Mitsui juga bertujuan untuk berkontribusi pada pertumbuhan CT Corp melalui bisnis bersama yang memanfaatkan kemampuan pengembangan bisnis Mitsui yang telah terbukti.

Penutupan langganan obligasi konversi belum selesai, dan tunduk pada pemenuhan persyaratan yang disepakati bersama sebelumnya, yang diharapkan akan terpenuhi pada kuartal II tahun fiskal 2021.

Mitsui & Co., Ltd. adalah perusahaan perdagangan dan investasi global dengan portofolio bisnis yang beragam yang menjangkau sekitar 64 negara di Asia, Eropa, Amerika Utara, Tengah & Selatan, Timur Tengah, Afrika dan Oseania.

Mitsui memiliki lebih dari 5.600 karyawan dan mengerahkan talent dari seluruh dunia untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan menumbuhkan bisnis bekerja sama dengan jaringan mitra terpercaya global.

Mitsui telah membangun portofolio bisnis inti yang kuat dan beragam yang mencakup industri Sumber Daya Mineral dan Logam, Energi, Mesin dan Infrastruktur, serta Bahan Kimia.

Adapun, PT CT Corpora didirikan pada 1996 oleh Chairul Tanjung. CT Corp (Group) memiliki aktivitas bisnis terkait konsumen termasuk layanan keuangan, ritel, media, properti, perhotelan, hiburan, dan gaya hidup.

Penjualannya mencapai Rp46,4 triliun berdasarkan tahun fiskal per Desember 2019, dengan total aset Rp181,4 triliun. Jumlah karyawan kurang lebih 100.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper