Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinar Mas Jual Properti Rp1,4 Triliun di London untuk Bayar Utang dan Ekspansi

Penjualan aset digunakan untuk pembayaran kembali pinjaman bank atas properti, modal kerja, dan/atau akuisisi investasi atau properti pengembangan di masa mendatang
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sinarmas Land, perusahaan properti asal Indonesia yang terdaftar di Bursa Singapura, telah menjual kantor hak milik dan properti tempat tinggal di London dengan harga tunai sebesar 72 juta pund sterling (sekitar Rp1,46 triliun).

"Grup bermaksud menggunakan hasil bersih untuk pembayaran kembali pinjaman bank atas properti, modal kerja, dan/atau akuisisi investasi atau properti pengembangan di masa mendatang," papar manajemen Sinar Mas Land, dikutip dari The Business Times.

Properti tersebut, yakni Unlimited House yang terletak di 10 Great Pulteney Street, dimiliki oleh anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Sinarmas, SML Great. Properti hak milik menyediakan ruang perkantoran Grade-A seluas 44.116 kaki persegi dan blok hunian mandiri dengan lima unit seluas 2.928 kaki persegi.

Dengan asumsi bahwa pelepasan telah dilakukan pada 31 Desember lalu, dan berdasarkan pertimbangan dan nilai aset bersih proforma sebesar 56,5 juta pound, Sinar Mas Land akan mencatat keuntungan dari pelepasan sekitar 15,6 juta pound sterling (Rp315 miliar).

Pertimbangan dibuat atas dasar pembeli yang bersedia, penjual yang bersedia, dan memperhitungkan harga transaksi terkini dari properti serupa di lokasi yang sama. Sinar Mas Land menambahkan pembeli juga telah melakukan valuasi sendiri oleh perusahaan penilai profesional.

"Divestasi dilakukan untuk mewujudkan tingkat pengembalian yang menarik atas investasinya," imbuh manajemen Sinar Mas Land .

Berdasarkan catatan Bisnis, pada Juni 2017 Sinarmas Land Limited melakukan akuisisi perusahaan bernama Horseferry Property Limited, di mana perusahaan tersebut memiliki gedung 33 Horseferry Road (33HF) yang merupakan bangunan komersial premium di London.

Ferdinand Sadeli, Executive Director and Chief Financial Officer Sinarmas Land Limited, mengatakan akuisisi ini berlangsung pada 29 Juni 2017 lalu dengan nilai £ 188,6 juta atau sekitar Rp3,6 triliun jika dihitung kurs GBP/IDR 17.300. 33HF menempati lokasi strategis yang berada di jantung Victoria, salah satu kawasan komersial dan residensial utama di Central London.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper